Untuk Pertama Kalinya, Lenovo Ungguli Apple

lenovo yogaJAKARTA, PCplus – Pasar PC ternyata masih bergairah. Kendati penjualannya di beberapa segmen menguatirkan, Lenovo berhasil mencatatkan angka yang di luar dugaan pada pencapaian kuartal keempatnya.

Perusahaan ini mencatatkan angka 55 juta untuk pengiriman PC, 50 juta pengiriman smartphone, dan 9,2 juta pengiriman tablet dalam setahun terakhir. Pemasukan tahunannya disebutkan US$ 38,7 miliar, atau meningkat 14 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Yang mengejutkan, Lenovo berhasil tumbuh 5% tahun-demi-tahun. Padahal industri secara keseluruhan turun 8% pada perioda yang sama. Tentu saja perusahaan ini mengingatkan bagaimana sulitnya mereka memperoleh keberhasilan tersebut ketika PC terus menurun.

Yang juga mengejutkan, pendapatan Lenovo di EMEA lebih tinggi dibandingkan di Tiongkok, negara asal produsen ini. Sementara di AS, Lenovo mengungguli Apple dan mengambil posisi ketiga dalam pengiriman PC di kuartal keempat. Ini juga menjadikan Lenovo berhasil melampaui pasar PC selama 20 kuartal tanpa putus, alias berturut-turut.

Di AS, mengungguli Apple sebagai pengapal PC no. 8 juga merupakan prestasi besar. Namun apakah tren ini akan berlanjut dengan masuknya Motorola Mobility dalam keluarga Lenovo? Semoga!

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.