GrabTaxi: Cara Mudah dan Aman Dapat Taksi di Jakarta

Anthony Tan (Founder & Group CEO, GrabTaxi)," Ini adalah negara keenam untuk app GrabTaxi. Sebelumnya kami meluncurkan app ini di Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina dan Thailand,"
Anthony Tan (Founder & Group CEO, GrabTaxi),” Ini adalah negara keenam untuk app GrabTaxi. Sebelumnya kami meluncurkan app ini di Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina dan Thailand,”

JAKARTA, PCplus –  Mencari taksi kosong di Jakarta tidak selalu mudah, khususnya di jam-jam sibuk atau mungkin saat larut malam. Bagi wanita, problemnya ditambah dengan masalah keamanan. Maklum beberapa waktu lalu banyak diberitakan tindakan kejahatan oleh supir taksi terhadap penumpang wanita.

Masalah keamanan di taksi ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Di Malaysia pun begitu. “Wanita merasa tidak aman di taksi, sementara pengemudi taksi pendapatannya rendah. Karena itulah kami membuat (app) GrabTaxi yang bisa memecahkan masalah real,” kata Anthony Tan (Founder & Group Chief Executive Officer, GrabTaxi) saat memperkenalkan app GrabTaxi versi beta di Jakarta akhir pekan lalu (6/6/2014). “Kami ingin memudahkan perjalanan 600 juta orang di Asia Tenggara,” tambah lelaki yang kakeknya merupakan supir taksi di Malaysia itu.

Apa sih solusi GrabTaxi yang disebut-sebut Tan? Ini adalah app pemesanan taksi online. App ini akan melacak semua taksi yang berada di sekitar lokasi yang kamu masukkkan. Ia bekerja berdasarkan GPS (global positioning system).  “Informasinya terintegrasi dengan Google Map dan Foursquare,” ungkap Jarot Prio Utomo (Marketing Manager, GrabTaxi Indonesia).

Setelah tahu kalau ada taksi di sekitarmu, kamu bisa memesannya. Masukkan lokasi tujuan. Maka para pengemudi  taksi yang berada dekat lokasimu akan merespon pemesananmu. Yang setuju akan tampil sebagai warna hijau, sedang yang menolak akan berwarna merah. “Ini memotong alur pesanan taksi (via panggilan telepon ke call center taksi yang bersangkutan),” kata Jarot.

Jika sudah ada pengemudi yang setuju mengantarmu ke lokasi tujuan, akan ada konfirmasi di layar smartphone-mu. Nama pengemudi taksi dengan pasfotonya, nomor pelat mobil, juga informasi perkiraan biaya dan jarak tempuh pun akan tersaji. Jadi kamu bisa tahu mencocokkan foto dan nama pengemudi taksi, juga nomor pelat mobil, sebelum menaiki taksi yang datang menjemputmu. Lebih aman dan pasti ketimbang mencegat di jalan bukan?

Kamu juga bisa melihat taksi bergerak ke arah kamu di peta. O ya, kamu juga bisa memberikan keterangan tambahan bagi pengemudi jika kamu memesan taksi bukan dari lokasi rumah atau kantor. Misalnya memberikan informasi warna bajumu ketika kamu memesan di mal. Atau minta pengemudi menghubungi kamu via SMS atau telepon ketika mobilnya sudah datang. Jadi kamu tak perlu lama menanti di lobi. Kamu juga bisa memberikan tip pada pengemudi jika mau.

Sisi keamanan penumpang sangat diperhatikan GrabTaxi saat merekrut pengemudi taksi. Semua data pengemudi taksi yang tergabung dalam layanan GrabTaxi akan diperiksa dan dicatat. “Jika ada yang bicara tak sopan atau berlaku curang, dan dilaporkan penumpang akan dikeluarkan,” kata Anthony.

GrabTaxi bisa diunduh gratis dari Google Play Store, Apple App Store BlackBerry Market, dan Windows Store. Setelah mengunduh GrabTaxi, silakan lakukan register dulu. Sementara ini GrabTaxi hanya berlaku di Jakarta dan sekitarnya.  Namun kalau kamu sedang berjalan-jalan di Malaysia, Singapura, Vietnam atau Filipina dan butuh taksi, kamu bisa menggunakan app yang sama. Tak perlu mengunduh versi lokal.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.