Samsung Galaxy Tab 4:  Anak Aman, Orang Tua Senang

Tampilan Kids Zone pada Samsung Galaxy Tab 4
Tampilan Kids Zone pada Samsung Galaxy Tab 4

JAKARTA, PCplus – Tablet bukan lagi konsumsi kaum muda dan dewasa. Anak usia 2 – 6 tahun jaman sekarang pun lancar bermain di perangkat mobile tersebut. Namun seringkali ada kekuatiran di pihak orang tua saat membiarkan buah hatinya bermain pada tablet miliknya.

Pertama, si anak mainnya mungkin terlalu lama dan tidak bisa dihentikan karena terlalu asik. Kedua, anak bisa saja tak sengaja mengklik, mengunduh, lalu melihat sesuatu yang mungkin bukan bagiannya. Situs dewasa yang menyaru dengan nama lain misalnya bisa saja tak sengaja diklik. Maklum tablet ini kan sebenarnya milik si orang tua.

Kekuatiran seperti ini tak perlu terjadi jika yang dipakai adalah tablet Samsung Galaxy Tab 4. Tablet dengan OS Android 4.4 KitKat ini secara khusus dirancang dengan memikirkan kepentingan anak-anak yang ikut menggunakan tablet orang tuanya. Maka di dalamnya hadir fungsi Parental Control, persis seperti pada PC dan notebook. Dari fungsi ini kamu pun bisa mengatur pada jam berapa saja anak boleh main dan berapa lama,  juga memblokir situs-situs tertentu.

Dengan memikirkan kebutuhan anak-anak, Samsung pun menyertakan fitur Kids Mode. Pada moda ini, layar tablet akan tampil warna-warni dan atraktif bagi anak dengan tawaran kegiatan  seperti mewarnai, merekam suara, dan memotret termasuk dengan Augmented Reality. Eh iya, ada tokoh buaya pada aktivitas mewarnai.

selvia gofur samsungInternet? Tidak bisa diakses anak sehingga tidak ada peluang mengunduh aplikasi yang tak pantas bagi anak. Dialer, Settings dan File Manager pun tak bisa diakses anak. Anak hanya bisa mengakses aplikasi-aplikasi yang memang diperuntukkan baginya, seperti Kids World dari Bluepin. Tapi kamu sebagai orang tua bisa menambahkan maksimal 30 aplikasi tambahan.

Kendati ramah terhadap anak, Galaxy Tab 4 adalah sebuah tablet Android sejati. Samsung membekalinya dengan salah satu fitur dari smartphone premiumnya, Group Play. Fitur yang ada di Galaxy S4 ini membuat kamu bisa berbagi gambar, dan memo dengan mudah. Selain itu ada fitur SideSync yang berasal dari notebook agar anak yang menggunakan Tab 4 bisa melakukan sinkronisasi dengan smartphone orang tuanya.

Samsung Galaxy Tab 4 tersedia dalam tiga ukuran layar WXGA: 7”, 8” dan 10,1”.  Karena ditujukan untuk keluarga, tablet ini bisa digunakan sampai 8 user dengan ID yang berbeda. Chipset untuk ketiga tablet ini, tutur  Selvia Gofar  (Product Marketing Senior Manager, IT & Mobile Division, PT Samsung Electronic Indonesia) saat peluncuran di Jakarta akhir pekan lalu (5/6/2014) berbeda-beda, sesuai dengan hasil riset pasar Samsung akan kebutuhan konsumen,

Samsung Galaxy Tab 4 dijual dengan harga Rp 3,5 juta sampai Rp 5 juta. “Sudah ada di pasar,” kata Selvia.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.