Langkah Pertama Jika Google Play Store Bermasalah

playstore-error-

Jika kamu mengalami masalah crash atau error pada Google Play Store, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulihkannya. Melakukan factory reset mungkin bisa memulihkan sistem Android dan mengembalikannya ke kondisi awal. Namun tentu saja cara ini kurang praktis dan merepotkan. Sebelum melakukan hal tersebut, kamu bisa mencoba dulu beberapa cara yang PCplus tunjukkan berikut ini.

1. Hapus cache dan data
Pada banyak kasus, permasalahan error pada Google Play Store bisa diatasi dengan membersihkan cache dan data. Yang perlu dilakukan adalah membersihkan data-data yang sudah tidak dibutuhkan lagi namun masih tersimpan. Caranya, masuk ke Settings>Apps, geser ke bagian All dan cari Google Play Store. Tekan pada pilihan Clear cache serta Clear data.

satu

2. Uninstall update Play Store
Update Google Play Store terkadang juga bisa menjadi penyebab permasalahan di Google Play Store. Untuk itu, Anda bisa mencoba menghapus file update dan mengembalikannya ke kondisi awal. Ikuti langkah pertama, namun Anda mesti menekan pilihan Uninstall updates.

3. Google Play Services dan Framework
Jika Google Play masih bermasalah, kosongkan data cache dari Google Play Service. Masuk ke Settings>Apps>All>Google Play Service dan Clear data. Begitu pula dengan Google Service Framework, bersihkan data melalui Clear data.

tiga

4. Aktifkan Download Manager
Jika kamu menonaktifkan layanan Download Manager bawaan Android, hal ini bisa menyebabkan Google Play Store bermasalah. Masuk ke Settings>Apps>All>Download Manager dan aktifkan kembali. Jika tombol tidak bisa diaktifkan, tidak perlu kuatir, hal ini berarti Download Manager sudah dalam kondisi aktif.

5. Hapus dan pasang lagi akun Google
Cara lain yang bisa Anda coba adalah masuk ke Settings>Accounts, dan tekan Google. Tekan lagi akun Google Anda. Pada pilihan Sync, tekan tombol fisik Menu pada Android dan pilih Remove account. Tekan lagi untuk konfirmasi penghapusan. Selanjutnya, reboot smartphone dan pasang kembali akun Google tadi dengan cara Settings>Account>Add Account>Google.

lima

 

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.