Pindahkan Notifikasi di Android ke Peramban Desktop

andro-notif

Mungkin kamu terlalu sibuk menjelajah internet di depan komputer sehingga terkadang tidak sadar banyak notifikasi yang masuk ke smartphone Android. Jika kamu ingin tetap fokus di depan komputer namun tidak ingin ketinggalan menerima notifikasi dari smartphone Android kamu, ada cara agar notifikasi tersebut bisa ditampilkan di layar komputer. Selain aplikasi Android Desktop Notification yang mesti terpasang di Android, kamu juga membutuhkan peramban Mozilla Firefox atau Google Chrome sebagai media penerima notifikasi tersebut. Berikut cara pemasangannya:

1. Pasang aplikasi

Pada smartphone Android, cari dan pasang Android Desktop Notification di Google Play. Beralih ke komputer (Windows), bagi kamu yang menggunakan peramban Mozilla Firefox, pasang addon dengan nama Desktop Notifications for Android. Dan bagi kamu pengguna peramban Google Chrome juga bisa memasang addon dengan nama yang sama melalui tautan ini.

2. Lakukan pengaturan

tiga

Pada smartphone Android, jalankan aplikasi Android Desktop Notifications. Aktifkan Notification Access dengan menekan Open Accessibility Settings dan posisikan Desktop Notification menjadi ON.

 3. Catat kode

empat

Kembali ke halaman utama. Pada langkah ketiga (Connect), catat kode yang tertera dan ketikkan pada aplikasi addon di peramban yang kamu gunakan. Tekan Apply untuk menyimpannya.

4. Tampilan notifikasi

lima

Nantinya tiap ada pesan masuk seperti BBM, whatsapp, email, dan aplikasi lainnya, maka notifikasi di komputer akan tampil melalui Google Chrome meski terkadang terdapat jeda beberapa lama tergantung koneksi internet atau jaringan. Agar selalu menerima notifikasi pastikan peramban dan addon yang kamu gunakan selalu dalam keadaan aktif.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.