Bandwidth Targeting, Cara Baru Beriklan di Facebook

Bandwidth Targeting, cara beriklan di Facebook dengan menyasar pengguna berdasarkan tipe perangkat dan tipe koneksi yang mereka punya
Bandwidth Targeting, cara beriklan di Facebook dengan menyasar pengguna berdasarkan tipe perangkat dan tipe koneksi yang mereka punya

Jakarta – PCplus – Facebook menawarkan cara beriklan baru di situs mereka, bandwidth targeting. Dengan bandwidth targeting, Facebook menawarkan segmentasi sasaran iklan berdasarkan tipe perangkat dan kecepatan koneksi akses internet yang biasa kita gunakan.

Facebook dapat mengidentifikasi tipe jaringan yang kita gunakan (2G, 3G, atau 4G) dan tipe perangkat yang kita pakai untuk mengakses situsnya. Data itu digunakan untuk menyesuaikan iklan yang ditawarkan kepada konsumen. Iklan yang ditawarkan pun diharapkan bisa lebih nyaman dilihat dan tepat sasaran. Bingung?

Jadi begini, kampanye iklan yang dilayangkan lewat perangkat mobile, punya keterbatasan. Keterbatasan ini tentu terkait ketersediaan koneksi, apakah koneksinya cepat atau lambat. Keterbatasan lain adalah tipe perangkat yang digunakan, apakah smartphone atau feature phone.

Pengguna feature phone tentu tak seleluasa pengguna smartphone ketika melihat konten. Padahal berdasarkan data pengguna ponsel dunia yang dirilis eMarketer pada Januari 2014 menunjukkan bahwa 7 dari 10 pengguna ponsel dunia menggunakan feature phone untuk mengakses internet.

Nah, masalahnya sekarang, bagaimana menampilkan iklan yang menarik bagi pengguna dua tipe ponsel itu? Video bisa jadi membuat tampilan iklan lebih menarik dan berbeda. Tapi iklan video akan bermasalah bagi mereka yang punya koneksi lambat. Bisa-bisa kita cuma nonton buffering dan akhirnya men-skip iklan itu.

Wohoo, tindakan ini pasti tidak diinginkan oleh vendor. Untuk itu, Facebook menawarkan opsi untuk menampilkan gambar atau link untuk iklan bagi mereka yang punya koneksi buruk, dan tampilan video hanya ditampilkan bagi mereka yang punya koneksi cepat. Nah, dengan segmentasi seperti ini, tentu iklan bisa lebih nyaman dilihat konsumen kan?

Contoh lain adalah vendor yang tengah meluncurkan smartphone yang ditujukan bagi early adopter (pengguna smartphone baru). Agar sasaran iklan dapat ditujukan bagi mereka yang mampu meng-upgrade ponsel mereka, vendor bisa menyasar iklan bagi pengguna feature phones yang punya akses ke jaringan 3G atau 4G. Bandwidth targeting ini telah tersedia secara global melalui Ad Create tool, Power Editor dan API Facebook.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.