Begini Cara “Blusukan” Ala Onno Purbo

onno-w-purboJakarta, PCplus¬† – Calon presiden Republik Indonesia ke-7, Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi terkenal dengan gaya blusukannya ketika memimpin kota Solo dan Jakarta. Tapi, bukan cuma Jokowi yang rajin blusukan. Praktisi teknologi informasi, Onno Widodo Purbo juga gemar “blusukan”. Bedanya, bapak 6¬†anak ini menggunakan teknologi saat melakukan aksinya. Caranya?

“Gue pake Hootsuite sih buat mantengin (melihat) timeline Twitter. Jadi kalo ada kata kunci tertentu, kayak Onno gitu, bisa langsung keliatan terus langsung jawab-jawab deh,” jelas Onno sembari menunjukkan perangkat Android miliknya.

Onno menyebut kegiatannya itu sebagai interaksi kepada para penggiat, penggemar atau mereka yang ingin tahu lebih jauh tentang teknologi. “Bukan blusukan sih, tapi lebih ke bagi-bagi ilmu lah. Sekalian gue juga belajar,” kata pria yang sering bicara ceplas-ceplos ini.

Kendati Onno banyak menggantungkan kegiatan media sosialnya itu ke Hootsuite, namun ia masih berharap bisa menemukan aplikasi yang lebih canggih utamanya untuk melakukan analisis tren sederhana. “Paling enak kalo bisa tau orang lagi pada ngomongin tren teknologi apa ya. Sekarang sih cuma ngandelin searchnya Hootsuite buat ‘nangkep’ yang nyerempet soal Onno, open bts, open source dan kawan-kawan,” tambahnya.

Selain Hootsuite, ada lagi aplikasi lain yang juga bakal diandalkan Onno untuk mendukung kegiatan di Onno Center namanya BigBlueButton (baca: Onno Center Siap Bikin Masyarakat Makin Pinter).

Aplikasi berjenis web conference yang dikembangkan secara open source ini bakal dipakai Onno Center untuk melakukan workshop jarak jauh ke masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia melalui internet.

Tanggapan Kamu

komentar