KitKat Tumbuh, tapi Jelly Bean Berkuasa

Android-all-versionsJAKARTA, PCplus – Google baru saja merilis statistik distribusi software terbarunya. Terungkap KitKat ada di nyaris seperempat perangkat Android yang beredar saat ini. Android 4.4 KitKat kini bisa ditemukan di 24,5% perangkat, naik dari angka 20,9% yang dicatatkannya pada Agustus. Jika dibandingkan angka pada Juli yang 17,9% berarti naik 6,6%.

Kendati Android KitKat 4.4 tumbuh dengan laju stabil, rilis sebelumnya Android 4.x Jelly Bean ternyata tetap mendominasi perangkat Android. Jelly Bean hadir di 53,8% smartphone dan tablet. Angka ini sedikit menurun dibandingkan bulan Agustus (55,3%) dan Juli (56,5%).

Versi lama dari Jelly Bean, Android 4.1.x, adalah yang paling populer dengan pangsa pasar 26,1%. Sementara versi Jelly Bean Android 4.2.x and 4.3 Jelly Bean masing-masing menguasai 20,7% dan 8% pasar.

Angka September Google juga menunjukkan bahwa pangsa pasar Android 4.0 Ice Cream Sandwich turun di bawah dua digit. Ice Cream Sandwich kini hanya menguasai pasar 9,6%. Padahal di bulan Agustus, angkanya masih dua digit (10,6%). Begitu pula di bulan Juli (13,6%).

Bagaimana dengan Gingerbread? Pangsa pasar Android 2.3.x Gingerbread turun dari 13,6% menjadi 11,4%. Sementara itu Android 2.2 Froyo bertahan di angka 0,7%.

Angka-angka pangsa pasar Android ini akan makin bervariasi akhir tahun ini. Sebab musim gugur ini Google berencana merilis OS mobile baru, bernama kode Android L.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.