microSD Cepat buat Dukung Video Ultra HD 4K di Smartphone

sandisk extreme pro microsdxc sdxcJAKARTA, PCplus – Bukan cuma kamera atau camcorder yang perlu kartu memori berkecepatan cepat. Smartphone pun demikian. Apalagi jaman sekarang orang ingin selalu bisa mengakses data yang tersimpan di kartu memori pada smartphone-nya kapan saja dan di mana saja. Memotret, merekam video dan membaca dokumen bisa dilakukan sebarang waktu. Kalau kartu memori di smartphone lelet, wah bikin sebal tentunya.

“Smartphone sekarang sudah mengadopsi fitur pada kamera atau video camcorder seperti burst mode, Ultra HD 4K, dual video dan slow motion. Smartphone premium bahkan mengadopsi standar UHS-I yang memberikan transfer data lebih cepat,” tutur Hui Low (Product Marketing Manager, APAC, SanDisk (HK) Ltd.) dalam acara peluncuran kartu memori SanDisk di Jakarta (30/9/2014).

Mengutipkan data riset, Hui Low mengatakan bahwa kamera pada smartphone dengan resolusi 13 megapiksel akan menjadi standar. “Sebanyak 1,1 triliun gambar akan diambil dengan smartphone pada 2016,” kata Hui Low.

Karena itulah tidak hanya kecepatan baca dan tulis yang menjadi vital pada smartphone, tapi juga kapasitas memori eksternal. Maka solusi yang ditawarkan SanDisk adalah kartu memori microSD UHS-I Extreme PRO dengan kapasitas 64GB. “Tercepat,” kata Hui Low tentang kartu memori yang mendukung Class 10 dan UHS Speed Class 3 (U3) tersebut. UHS Class 3 adalah kecepatan yang direkomendasikan SD Association untuk pengambilan video Ultra HD 4K ((3820x2160p), yang mulai banyak dihadirkan pada smartphone.

Seperti halnya kartu memori SanDisk Extreme Pro SDXC UHS-I yang diluncurkan bersamaan, kartu microSD UHS-I Extreme Pro ini diklaim mampu membaca pada kecepatan sampai 95MB/s dan menulis sampai kecepatan 90MB/s.

Di Indonesia, SanDisk Extreme PRO microSDHC/microSDXC dijual dalam kapasitas 64GB dengan harga Rp 1,699 juta. Kalau mau yang lebih murah, tersedia kapasitas 32GB dengan harga Rp 850 ribu. Kartu-kartu ini diberi garansi seumur hidup.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: