Siap Tinggalkan Windows, Tiongkok Siapkan OS Sendiri

build_os

JAKARTA, PCplus – Tiongkok ingin bebas dari belenggu OS dunia barat seperti Windows dan Android. Negara tirai bambu ini sedang membangun OS yang bisa membebaskannya dari kekuatiran penyadapan oleh software asing.

Menurut kantor berita Xinhua, Tiongkok sedang mendongkrak industri software domestiknya. Salah satunya dengan mengembangkan OS alternatif dari Windows. Langkah berikutnya adalah mengembangkan OS untuk mobile alias alternatif dari Android. Ni Guangnam, kepala dari aliansi pengembangan OS resmi menyebutkan bahwa OS tersebut akan dihadirkan pada musim semi.

Mengapa ya Tiongkok bersusah-payah membuat sendiri OS? Hmm, masih ingat tidak Mei lalu ada ketegangan antara Tiongkok dan Windows gara-gara Tiongkok melarang Windows 8 yang disebut sebagai ancaman sekuriti. Lalu bulan lalu, Microsoft menggerebek kantor-kantor di Tiongkok dalam investigasi antitrust.

OS desktop baru Tiongkok, yang akan berbasis Linux, bukan rencana jangka panjang loh. Ini sudah dimulai, setidaknya begitu menurut Ni Guangnan. Kepada Post and Telecommunications News dari People ia mengatakan: “Kami berharap bisa meluncurkan sistem operasi desktop buatan Tiongkok yang mendukung app stores pada bulan Oktober.”
Versi pertama dari OS ini mungkin tidak sebagus Windows. Namun harapannya adalah meninggalkan Widnows setahun atau dua tahun kemudian, dan Android dalam lima tahun ke depan.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.