Teknologi Terbaru ASRock di Jajaran Motherboard Seri 9

Jakarta, PCplus – ASRock meluncurkan beberapa seri motherboard terbaru untuk meramaikan pasar motherboard dengan chipset Intel seri Z97 dan H97 soket 1150 untuk prosesor Intel Core generasi keempat. Pada jajaran motherboard baru tersebut, ASRock juga memperkenalkan beberapa feature canggih yang meningkatkan kinerja serta kestabilan motherboard saat digunakan.


Sedikitnya ada tiga seri motherboard berchipset Intel seri 9 yang diperkenalkan ASRock di Jakarta pada pekan lalu. Ketiga seri motherboard tersebut terbagi menjadi varian Fatal1ty yang menyasar para gamer, seri OC Formula untuk para overclocker, serta varian Extreme untuk kelas mainstream dan high-end. Di ketiga varian motherboard tersebut, ASRock memperkenalkan teknologi ASRock Super Alloy. Teknologi tersebut meliputi sejumlah feature, antara lain penggunaan kapasitor 12K Platinum. Kapasitor ini diklaim memiliki daya tahan hingga 12 ribu jam, lebih tinggi jika dibandingkan kapasitor lain yang umumnya berumur 10 ribu jam.

Di chipset seri 9 seperti Z97 dan H97, Intel juga memperkenalkan feature baru yaitu slot M.2 untuk media penyimpanan SSD. Slot M.2 ini merupakan penerus slot mSATA dan memiliki kecepatan yang lebih cepat. Pada salah satu motherboardnya, Z97 Extreme9, ASRock menghadirkan slot Ultra M.2 yang merupakan modifikasi dari slot M.2 standar. Slot M.2 standar menggunakan jalur PCI-Express 2.0 x2 sebagai jalur datanya, sedangkan Ultra M.2 milik ASRock memanfaatkan jalur PCI-Express 3.0 x4. Sehingga bandwidth yang mampu dialirkan menjadi jauh lebih besar dan mampu menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi hingga dua kali lipat.


Beberapa varian terbaru motherboard ASRock seperti Fatal1ty Z97X Killer, Z97 Extreme9, dan Z97 OC Formula saat ini telah tersedia di pasaran melalui Astrindo Senayasa sebagai distributornya.