IBM Watson pun Sudah Merambah Dapur

 chef watsonSINGAPURA, PCplus- Bagaimana cara kamu masak atau menemukan resep masakan baru? Browsing di Internet? Cari buku masak? Atau tanya teman yang jago masak atau ibu? Itu kalau kamu sudah tahu mau masak apa.

Bagaimana jika kamu bikin resep sendiri yang bahan-bahannya kamu miliki saat itu? Bisa kok, dengan bantuan IBM Watson yang merupakan teknologi cognitive computing dan bisa belajar dari pengalaman manusia. Kamu bahkan bisa bikin resep baru loh. Tidak susah. Cukup masukkan bahan-bahan yang kamu miliki, semisal ikan, sawi, dan lain-lain, lalu memilih cara masak semisal digoreng, dan gaya masak semisal Asia. Dalam hitungan detik, Chef (IBM) Watson akan mencari resep di internet dengan bahan-bahan yang kamu masukkan tadi dan meramunya menjadi sebuah resep baru. Keren bukan?

resepDan itulah yang dilakukan Chef Cristie dari Marina Bay Sands Singapura dengan kolaborasi Chef (IBM) Watson. Untuk sekitar 400 tamu konferensi IBM Xcite 2014 yang hadir malam itu (14/10/2014) di Marina Bay Sands Expo Hall di Singapura, disajikanlah Turkish Bruschetta, Swiss Thai Asparagus Flan dan Seared Tilapin Fish Slider Pineapple Slaw sebagai apetizer (umpan tekak). Sebelumnya para undangan diajak bersulang dengan minuman racikan Chef Watson yang bernama Blue Carribean Hurricane. Kandungannya santan, rum, pisang, jus nanas, air jeruk limau dan pewarna biru serta Sprite.

Bagaimana rasa masakan ramuan koki komputer yang berada di cloud dan koki manusia itu? Lumayan kok. Hmm, sebenarnya resep-resep ini tidak baru karena diambil IBM Watson dari data di internet. Tapi ini kemudian diramu lagi sesuai dengan bahan yang ada. Saat ini sudah tersedia sekitar 9000 resep garapan Chef Watson.

Inilah bukti bahwa komputer bisa belajar dari pengalaman manusia dan berpikir ala manusia. Inilah yang disebut cognitive computing oleh IBM. Dan bukti bahwa IBM Watson yang dikembangkan IBM berbasis bahasa itu bisa merambah ke semua sektor, tidak hanya perawatan kesehatan bagi pasien kanker seperti yang sekarang dilakukannya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.