Inikah Alasan Microsoft tidak Menggunakan nama Windows 9?

Kredit: Fast Company
Kredit: Fast Company

Ketika mengumumkan kehadiran Windows generasi baru, Microsoft berhasil mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, Microsoft menamai sistem operasi terbaru itu dengan Windows 10, dan bukan Windows 9 seperti perkiraan banyak orang. Soal ini, Microsoft punya alasan sendiri. “Nama ini selaras dengan perubahan besar yang kami lakukan di Windows terbaru ini” ungkap Terry Myerson, Vice President Microsoft saat memperkenalkan Windows 10.

Namun seorang programmer bernama Cranbourne mengungkapkan teori lain. Di situs sosial Reddit, Cranbourne menduga alasan Microsoft menghindari Windows 9 lebih terkait masalah teknis. Menurutnya, saat ini ada banyak aplikasi berbasis Windows yang menggunakan istilah istilah “Windows 9” untuk mengidentifikasi Windows 95 atau 98. Biasanya, identifikasi ini dilakukan untuk menjamin kompatibilitas aplikasi tersebut dengan berbagai generasi Windows.

Permasalahan berpotensi muncul jika Microsoft tetap menggunakan Windows 9. Aplikasi tersebut menjadi salah mengidentifikasi Windows 9 sebagai Windows 95 atau 98 dan masalah kompatibilitas pun akan muncul.

Sebenarnya, penamaan Windows 10 pun berpotensi “salah identifikasi” juga dengan Windows 1.0. Namun potensi masalah tentu saja jauh lebih kecil karena Windows 1.0 sudah berumur 29 tahun.

Wisnu Nugroho

Managing Editor InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi penulisan fitur untuk bidang telekomunikasi dan solusi enterprise.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: