Inno3D Ikut Ramaikan Pasar Printer 3D

Sebagian besar dari kamu mungkin mengenal Inno3D sebagai salah satu produsen kartu grafis Nvidia. Namun kini, Inno3D juga mulai memproduksi perangkat lain, yaitu printer 3D.

Inno3D menghadirkan dua tipe printer 3D pertamanya, Inno3D Printer M1 dan Printer D1. Keduanya diposisikan sebagai printer 3D kelas menengah dan menggunakan teknologi fused filament fabrication (FFF).

Printer tiga dimensi Inno3D Printer M1 (kiri) dan D1 (kanan).

Inno3D Printer M1 tampil dengan desain sasis tertutup dengan dimensi 49 x 43 x 59 cm. Printer ini mampu menghasilkan produk dengan dimensi maksimal 140 x 140 x 150 mm. Printer ini menggunakan sebuah nozzle 0,3 mm dengan filamen standar 1,75 mm. Material yang bisa digunakan antara lain PLA, ABS, dan nilon dengan ketebalan tiap lapisan antara 0,1 hingga 0,25 mm. Untuk navigasi, printer ini memiliki layar sentuh dan keypad. Sebuah aplikasi 3D printing juga disertakan untuk mengkonversi format gambar ke format yang dikenali oleh printer. Selain port USB, printer ini juga dilengkapi dengan slot kartu memori SD.

Inno3D Printer D1 juga memiliki spesifikasi yang nyaris serupa. Ukuran nozzle dan filamen yang digunakan juga sama. Namun bedanya, printer ini menggunakan desain terbuka dengan menggunakan sasis metal sehingga lebih cocok untuk digunakan oleh bisnis skala kecil dengan penggunaan sehari-hari.

Kedua printer ini saat ini tersedia di pasaran Eropa dengan harga sekitar 1.150 Euro. Mudah-mudahan saja printer ini juga akan hadir di Indonesia agar pasaran printer 3D semakin ramai.

Steven Irwandi

.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: