Friday, April 26, 2024
Berita Teknologi

Maaf, Tak Ada Game Gratisan di App Store

App_StoreJAKARTA, PCplus – Suka gratisan? Tentu bukan? Kabar buruk bagi pengguna perangkat iOS. Game-game gratis tidak lagi tersedia di App Store.

Ah bukan berarti tidak ada game ya. Judul-judul premium seperti Candy Crush Soda Saga masih gratis kamu unduh dan mainkan (dalam kapasitas terbatas). Cuma labelnya bukan “Free”, tapi “Get.”

Perubahan ini mencerminkan fakta bahwa judul freemium tidak benar-benar gratis pada jangka panjang, karena kebanyakan dirancang untuk mengajak gamer masuk ke gameplay sebelum memperkenalkan masa tunggu atau jeda game lainnya, yang tentu saja bisa ditiadakan dengan in-app purchaes (beli lebih banyak intan untuk membuang timer hitung balik misalnya).

Apple mencontoh langkah Google, yang berhenti merujuk ke app free-to-download sebagai “free” di Eropa setelah ditegur oleh Komisi Eropa. Saat itu, Komisi Eropa mengkritik Apple karena tidak melakukan hal yang sama. Apple ketika itu justru cenderung pada fitur “Ask to Buy” di iOS 8, yang mewajibkan ijin dari orang tua sebelum seorang anak bisa membeli app untuk membuat pembelian in-app.

Kendati perubahan itu hanya wajib di Eropa, kepada Recode Apple mengonfirmasi bahwa perubahan “free” menjadi “get” berlaku global. Yang menarik, label “fre” masih ada, misalnya di daftar seperti “Top Free Apps for iPad” dan lain-lain.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu