Solusi Perangkat Embedded dari AMD

PCplus – AMD memiliki solusi system-on-chip (SoC) G-Series untuk solusi perangkat embedded. Baru-baru ini, AMD juga mengumumkan bahwa solusi embedded AMD G-Series tersebut menjadi basis untuk pengembangan board Gizmo 2 dari GizmoSpehere. GizmoSphere sendiri merupakan komunitas nirlaba yang mengembangkan dan mendesain board untuk perangkat embedded. Gizmo 2 merupakan perangkat generasi kedua yang menawarkan kinerja komputasi dan grafis yang tinggi untuk kebutuhan pengembangan berbasis Linux dan Windows.

“Prosesor SoC AMD Embedded G-Series menggabungkan CPU dan GPU bertenaga serta efisien di dalam sebuah chip, menjadikan Gizmo 2 sebagai pilihan ideal, baik bagi profesional maupun DIY yang ingin membuat board yang bisa melampaui kinerja board entry-level yang kebanyakan ada saat ini,” kata Kamal Khouri, director of marketing, AMD Embedded Solutions. “Gizmo 2 menawarkan kinerja komputasi dan grafis yang canggih, memungkinkan terciptanya pengembangan ide baru dalam teknologi, serta mendorong inovasi seputar komputasi multicore yang heterogen.”

Board Gizmo 2 ini menggunakan basis prosesor dual core AMD GX-210HA. Gizmo ini diklaim memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Prosesor ini memiliki frekuensi 1 GHz dan GPU 300 MHz. Selain itu, konsumsi dayanya juga rendah dengan TDP hanya 9 watt. Dalam ukuran yang kompak, Gizmo 2 memiliki sejumlah feature menarik, seperti tersedianya port HDMI, memori RAM 1 GB DDR3-1600, port audio, slot kartu memori microSD, port LAN gigabit, serta port USB 3.0.

Board Gizmo 2 ini akan dijual dengan harga US$199. Perangkat ini akan dijual melalui situs GizmoSphere dan beberapa kanal komunitas lain. Untuk memudahkan para pengembang, GizmoSphere juga menyediakan forum komunitas agar para pengembang bisa saling berbagi infomrasi dan mencari contoh seputar pengembangan berbasis perangkat ini.

Steven Irwandi

.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: