Dianggap Curang, Amazon App Dikeluarkan dari Google Play Store

amazon appJAKARTA, PCplus – Sepertinya Amazon berlaku tak jujur dengan app utamanya di Google Play. Riteler online ini meluncurkan app store yang tersembunyi dan bekerja di dalam app Android-nya. Akibatnya Google mengeluarkannya dari Play Store.

September lalu, Amazon memperkenalkan fitur baru di dalam app utamanya yang mengandung Appstore yang berfungsi penuh. App ini mencegah prosedur operasional standar Google untuk menginstal app dari app store saingan. Dua minggi setelah merilis “app store di dalam app”, Google meng-update Developer Distribution Agreement-nya untuk melarang aksi tersebut.

Melakukan pencarian untuk app Amazon di Google Play sekarang tidak akan memberikan hasil apa pun. Padahal link langsungnya masih aktif. Sebuah app baru yang bernama Amazon Shopping (yang tidak menyertakan built-in Appstore) tampil sebagai gantinya.

Amazon merilis sebuah pernyataan tentang perubahan kebijakan dan dikeluarkannya app-nya sebagai berikut: “Kami meluncurkan Amazon App for Android Phones baru pada 9 September yang memberikan pengalaman belanja mobile yang memenangkan penghargaan.

“Google kemudian mengubah Developer Distribution Agreement-nya pada 25 September 25. Dampkanya, kami mengeluarkan app itu dari Google Play dan menerbitkan Amazon Shopping app. Kustomer yang menginginkan pengalaman Amazon terbaik di ponsel Android-nya, termasuk akses ke Prime Instant Video dan seluruh katalog digital Amazon, tetap bisa mendapatkan Amazon App for Android Phones di amazon.com/androidapp.”

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.