Kenalkan CFM, GudPoin ‘Cekal’ Komentar Negatif Konsumen

gudpoinJAKARTA, PCplus – Pernah kecewa dengan suatu pelayanan, lalu menumpahkan keluhan di media sosial seperti Facebook, Twitter dan lain-lain? Lalu cepat mendapat tanggapan positif dari pengelola layanan tadi?

Media sosial memang hebat, bisa dengan cepat mempengaruhi opini publik dan mengangkat maupun menjatuhkan reputasi sebuah perusahaan. Karena itulah banyak perusahaan kini ikut “mengawasi” media sosial. Apalagi saat ini persaingan bisnis makin ketat.

Nah, agar perusahaan bisa lebih memahami kebutuhan dan keinginan konsumennya, begitu kata Aswin Kwa (CEO dan co-founder, GudPoin), ia membuat GudPoin. “Startup yang bisa membantu bisnis dalam persaingan yang ketat untuk menggali insight dari konsumen agar mampu berkompetisi dengan sehat dan pada akhirnya menelurkan produk-produk kompetitif dengan layanan bagus,” jelas Aswin dalam jumpa pers di Jakarta pekan lalu.

Salah satu produk GudPoin yang diperkenalkan adalah Customer Feedback Management (CFM). Ditujukan pada merchant, CFM pada dasarnya adalah kuisoner interaktif (digital) yang menggantikan kertas kritik & saran yang biasa tersedia di kafe, restoran atau hotel. Jadi kamu sebagai konsumen layanan memberikan penilaian langsung. “Sedikit interaktif dengan maskot kucing Sisi. Desainnya sederhana, jumlah pertanyaan tidak banyak,” jelas Aswin.

aswin kwa gudpoinDibandingkan kertas feedback, menurut Aswin sambil menunjukkan beberapa merchant yang sudah menggunakan produknya seperti Shabu Tei, respon terhadap CFM-nya lebih banyak 5x. “Juga ada fitur Share di Facebook, Twitter. Ini disukai customer atau merchant karena (unsur) promosi.”

“Merchant dapat statistik yang bisa diekspor ke PDF atau Excel,” tambah Aswin tentang produk B2B-nya (business-to-business). O ya, konsumen yang mengisi kusioner dari GudPoin akan mendapatkan hadiah antara lain diskon dan e-voucher.

Dengan menggunakan layanan CFM GudPoin, tegas Aswin, perusahaan akan bisa mengetahui kemauan, kebutuhan dan pemikiran konsumennya sehingga bisa berkembang lebih cepat. “Juga menghindari komentar negatif yang dapat dilihat publik.”

Aplikasi GudPoin tersedia sebagai aplikasi mobile dan bisa diunduh cuma-cuma dari Google Play Store dan Apple App Store. Bisnis apa pun, kata Aswin, bisa mengakess GudPoin. Tapi penggunaannya tak gratis ya! Tarifnya dimulai dari Rp 399 ribu per bulan.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.