D-Link DWR-116, Wireless N Router yang Dukung Dongle 4G LTE

D-Link-DWR-116JAKARTA, PCplus – Layanan 4G LTE (long term evolution) mulai ditawarkan para operator selular di tanah air: Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata. Namun areanya masih terbatas. Andai kamu kepincut menjajal layanan ini, kamu tentu harus menyediakan handset yang mendukung 4G. Kamu juga perlu tukar SIMcard dengan yang mendukung 4G LTE.

Mau share koneksi Internet 4G LTE secara nirkabel seperti yang biasa kamu lakukan dengan layanan 3G-mu? Bisa. Pakailah router wireless D-Link DWR-116. Koneksikan router wireless N ini dengan adapter USB yang terkoneksi ke jaringan bergerak. Maka kamu bisa berbagi koneksi Internet lewat jaringan Wireless N, di wilayah mana pun yang punya jangkauan sinyal 4G atau 3G.

Dalam rilis persnya, D-Link menyebutkan mendukung lebih dari 450 jenis dongle HSPA+/HSUPA/HSDPA/UMTS bahkan CDMA/EVDO populer dari Huawei, ZTE, Alcatel, Haier, Pantech, Sierra, Verizon dan lain-lain. D-Link DWR-116 juga bisa dipakai dengan dongle 4G LTE seperti ZTE MF820D/821/823/825A, Huawei E398, E3272/3372, dan Sierra Wireless 320U.

Kamu yang punya koneksi internet broadband silakan menghubungkan kabel DSL/modem kabel ke portal WAN yang tersedia. Aturlah koneksi broadband sebagai sambungan utama, dan koneksi 3G/4G sebagai sambungan cadangan, atau sebaliknya. Fitur auto-failover akan memastikan koneksi tidak akan terganggu saat sambungan utama WAN terputus. Sebab sambungan cadangan akan otomatis mengambil alih koneksi.

Agar koneksi Wi-Fi kamu tidak bocor, dipakai orang lain, tersedia enkripsi WPA/WPA2. Selain itu ada firewall aktif ganda (SPI dan NAT) untuk mencegah serangan dan gangguan yang tidak diinginkan dari internet. Sementara itu fitur QoS (Quality of Service) akan mendahulukan lalu-lintas data tertentu untuk memastikan data penting mendapat bandwidth yang optimal.

D-Link DWR-116 dijajakan dengan harga kisaran Rp 400 ribu

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer