Saturday, March 2, 2024
Fitur

Feature-feature baru yang bakal hadir di Windows 10

windows-10-new
Hari ini (22/01) atau dini hari (21/02) waktu setempat, Microsoft menggelar sebuah acara yang sekaligus memperkenalkan feature-feature anyar dari Windows 10 versi build terbarunya. Pembaruan ini juga diantaranya merupakan hasil masukan dari program Windows Insider yang didapat dari pengguna yang telah mencoba Windows 10 versi Developer Preview yang diedarkan secara gratis beberapa waktu lalu. Jadi feature-feature baru yang ditunjukkan tersebut, belum pernah ditampilkan pada versi awal percobaan dari Windows 10 versi Developer Preview lalu. Dari beberapa demonstrasi yang ditunjukkan, berikut beberapa highlight yang menarik untuk disimak:

1. Cortana hadir di PC

cortana

Hadir pertama kali di Windows Phone 8.1, akhirnya Cortana juga bakal hadir di platform PC. Sebagai asisten pintar, Cortana nantinya akan berfungsi layaknya fungsi Search yang akan menemukan pencarian yang diperintahkan melalui suara ataupun teks. Berbasis mesin pencari Bing, Cortana juga dapat berinteraksi dengan menjawab pertanyaan sederhana melalui suara.

2. Windows 10 juga hadir untuk smartphone dan tablet

paltform

Windows 10 dibuat sama untuk platform PC, smartphone, dan juga tablet. Jadi pengguna akan mendapatkan tampilan yang sama persis pada ketiga perangkat tersebut, meski beberapa diantaranya terdapat terdapat penyesuaian di tiap perangkat. Masih menggunakan interface berupa Windows tile seperti Windows 8.1 namun dengan pembaruan serta peningkatan kinerja yang lebih baik.

3. Aplikasi universal

universal
Windows 10 dibangun agar dapat berfungsi di berbagai perangkat. Oleh karena itu Microsoft juga menghadirkan aplikasi universal agar bisa digunakan secara lintas platform. Pada demo yang dipertunjukkan, digunakan aplikasi Office yang terdiri dari Word, Excel, Outlook, dan PowerPoint dengan feature yang serupa antara versi mobile dan desktop. Pihak pengembang lain juga nantinya bisa menampilkan aplikasi mereka tanpa perlu membuat versi berbeda bagi platform lain.

4. Peramban Spartan

spartan
Digadang sebagai pengganti Internet Explorer, Microsoft menghadirkan peramban dengan nama kode Project Spartan yang diklaim lebih ringan dan tangguh. Menggunakan engine Chakra JavaScript dan Trident rendering seperti pada Internet Explorer namun dengan format yang cenderung mirip dengan Chrome milik Google serta Firefox-nya Mozilla. Spartan juga telah mengintegrasikan Cortana didalamnya sehingga memudahkan pencarian serta menampilkan informasi.

5. Directx 12

SONY DSC
Untuk meningkatkan kinerja serta tampilan grafis yang memukau, DirectX 12 akhirnya hadir khusus di Windows 10. Selain menampilkan kinerja yang lebih tinggi dan optimal dibanding pendahulunya, DirectX 11, API grafis terbaru ini juga menjanjikan konsumsi daya yang lebih rendah, mengingat Windows 10 juga bisa diaplikasi ke smartphone dan juga tablet. Hingga saat ini engine game yang sudah mendukungnya yaitu Unreal Engine 4 dan Unity Engine.

6. Streaming dari Xbox One

xbox
Microsoft bakal menggabungkan platform konsol dan PC melalui Xbox Live. Dengannya, pengguna bakal bisa memainkan game dari Xbox One dan melakukan streaming ke perangkat berbasis Windows 10 seperti PC, smartphone, dan tablet. Pada demo yang dipertunjukkan, pengguna bisa memainkan game dari Xbox One dan menghentikannya sejenak, kemudian bisa melanjutkannya dari PC ataupun tablet. Namun untuk sementara ini, streaming tersebut hanya bisa dilakukan melalui koneksi WiFi secara lokal.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.