Tuesday, March 5, 2024
Berita Teknologi

Ini Dia yang Baru di Windows 10

windows10JAKARTA, PCplus – Apa sih yang baru di Windows 10? Adakah fitur lama yang dihadirkan oleh Microsoft pada OS barunya itu?

Ah ternyata ada. Start menu, yang ditiadakan pada Window 8, kembali menghiasi Windows 10.

Sementara fitur baru adalah bar notifikasi dan Continuum, yang memungkinkan pengguna berpindah secara mulus antara moda tablet dan PC.

Cortana, sang asisten digital Microsoft, untuk pertama kalinya disebutkan akan tersedia di komputer desktop. Seperti software Siri besutan Apple, Cortana dapat dipakai untuk menanyakan maupun mencari informasi di web melalui perintah suara.

Sementara itu app produktivitas khas Microsoft, yakni Office yang terdiri dari Word, Excel dan PowerPoint, akan dimasukkan ke dalam Windows pada ponsel. Pengguna juga akan ditawari kemampuan lebih untuk membaca file PDF dan file lainnya, yang bisa disimpan offline dan diakses dari perangkat mobile-nya.

Bagaimana dengan browser baru? Ah ia bernama kode Project Spartan. Fitur menariknya antara lain moda pengambilan-catatan. Jadi kamu bisa menulis dan menggambar di halaman dengan menggunakan stylus. Kamu juga bisa membagi-pakai tulisan kamu tadi, lengkap dengan catatan tambahan ke jejaring sosial dan e-mail.

Di browser baru itu juga tersedia opsi untuk mengubah tampilan webpage sehingga terlihat bak sebuah buku. Pun ada daftar baca agar pengguna bisa menyimpan artikel dan halaman-halaman untuk dibaca nanti. Cuma Microsoft juga menyebutkan mungkin masih tiga sampai lima bulan lagi sebelum Spartan bisa dipakai.

Browser baru ini akan tersedia di desktop terlebih dulu. Versi mobile-nya menyusul.

O ya, app Xbox resmi juga akan dimasukkan dalam setiap perangkat Windows 10. Gamer akan bisa bermain di platform yang berbeda-beda.

Satu lagi, app Photos telah di-update sehingga sekarang dimotori oleh cloud. Maka komputer dan ponsel penggunanya akan bekerjasama untuk membuat kumpulan foto dan album.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer