Microsoft Klarifikasi Jalur Upgrade Windows 10 untuk Smartphone

NokiaLumia520JAKARTA, PCplus – Microsoft secara resmi mengumumkan Windows 10 kemarin. Sepertinya versi smartphone dari Windows 10 akan bisa menarik minat mereka yang sekarang memakai Windows Phone 8.1.

Windows 10 membawa sejumlah fitur menarik. Misalnya opsi dictation baru, kemampuan messaging yang lebih bagus, universal apps, suite Office yang diperbarui, mail client Outlook yang baru, dan dukungan untuk internet browser Spartan Microsoft yang baru.

Fitur-fitur yang merupakan tambahan bagi pengguna Windows Phone itu memunculkan pertanyaan tentang kompatibilitas. Untuk kompatibilitas, kemarin Microsoft mengatakan Windows 10 akan disediakan sebagai upgrade gratis untuk perangkat-perangkat yang sudah menjalankan Windows 8.1. Namun kemudian pernyataan itu diklarifikasi. Ternyata tidak semua hardware Windows Phone 8.x akan mendukung upgrade ke Windows 10.

“Seperti semua upgrade ke sebuah sistem operasi baru, tidak semua ponsel akan upgrade atau mendukung semua fitur Windows 10, dan beberapa fitur dan experience tertentu akan membutuhkan hardware masa depan yang lebih maju,” kata Chris Weber (Corporate VP of Sales for Microsoft’s Mobile Devices group).

“Sasaran kami adalah mayoritas ponsel Lumia yang menjalankan Windows Phone 8 dan 8.1 untuk bergabung dengan ekosistem Windows dengan perkiraan jutaan PC, tablet dan perangkat lain yang menjalankan generasi mendatang Windows,” kata Weber.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer