Sidik Jari Bisa Diambil dari Foto Digital

fingerprintJakarta, PCplus – Keamanan berbasis biometri yang biasa menggunakan sidik jari sebentar lagi bakal mudah dibobol. Hanya bermodalkan foto, sekelompok hacker bisa membaca informasi sidik jari seseorang.

Chaos Computer Club (CCC), sebuah kelompok yang suka ngoprek komputer asal Jerman menemukan cara bagaimana mengambil sidik jari seseorang hanya dengan menggunakan foto digitalnya. Syaratnya, sebuah foto yang ada sidik jari dan sebuah aplikasi komersil seperti VeriFinger

Menariknya, informasi yang bisa didapat dari kegiatan ini bukan cuma sebatas foto detail dari sidik jari, tapi juga informasi biometri tentang pola dari sidik jari tersebut. Bahkan dari informasi biometri ini, seseorang kemudian bisa membuat duplikat identik dari sidik jari di foto tadi.

Dalam sebuah rilis media yang diterbitkan kelompok ini, mereka mengklaim mampu membuat ulang sidik jari dari Menteri Pertahanan Jerman, Ursula von der Leyen dari gambar tangannya saat melakukan konferensi pers.

“Setelah ini, politisi mungkin akan memakai sarung tangan saat berbicara di hadapan publik ,” kata Jan Krissler, alias “Starbug” dari CCC dalam rilis medianya.

Penemuan ini tentu saja bakal berpengaruh pada banyak kemanan digital saat ini, apalagi perangkat seperti smartphone atau notebook sudah umum menggunakan sidik jari sebagai salah satu pengaman.

 

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.