Sulit Dapat SDM TI Perbankan, Anabatic Latih Siswa SMK

anabatic mengajarJAKARTA, PCplus – Banyak perusahaan mengeluh sulit mendapatkan SDM baru yang siap-pakai. Padahal setiap tahun jumlah lulusan sekolah dan perguruan tinggi yang mencari kerja tak kurang banyak. Sayangnya mayoritas mereka dinilai tidak cocok untuk posisi yang diinginkan perusahaan.

Bagaimana mengatasinya? Perusahaan TI lokal Anabatic Technologies punya cara menarik. Mereka memanfaatkan program corporate social responsibility (CSR) bertajuk Anabatic Mengajar di SMKN 7 Tangerang.

Empat puluh siswa jurusan Akuntansi kelas XII SMKN 7 Tangerang pun dipilih untuk mengikuti pelatihan IT Perbankan dan Akuntansi oleh Anabatic selama satu tahun. Di akhir program, mereka yang berprestasi berpeluang untuk direkrut oleh Anabatic.

“Program ini dapat membantu siswa untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Keahlian tambahan teknologi perbankan yang tidak didapatkan di kurikulum kami dapat memberikan bekal ketika terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya nanti. Diharapkan, selepas program ini, siswa dapat berkontribusi langsung, tidak hanya menjadi penonton yang melepakan kesempatan kepada pihak lain,” kata Kepala Sekolah SMKN 7 Tangerang Jamas Sopiandi.

SMKN 7 Tangerang hanyalah langkah awal program Anabatic Mengajar untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha. Program ini direncanakan juga akan diperkenalkan di SMKN lain. Sebelumnya, Anabatic pernah melakukan program pendidikan serupa selama 6 bulan kepada 40 siswa-siswi lulusan SMK dan telah merekrut mereka yang dinilai terbaik.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer