Wah, Kapasitas Hard Disk 2,5 Inci Capai 3TB

TOSHIBA_3TB_HDDJAKARTA, PCplus –Toshiba baru saja mengumumkan hard disk 2,5” pertamanya yang berkapasitas 3TB. Hard disk Toshiba MQ03ABB300 ini menggunakan teknologi PMR (perpendicular magnetic recording). Maksudnya, ada empat piringan yang ditumpuk satu di atas yang lain.

Teknik ini disandang pendahulunya, MQ01ABB200 yang 2TB. Tapi karena yang ini pakai piringan 750GB maka kapasitasnya bisa lebih besar, dan juga akan dirancang untuk disertakan di perangkat USB eksternal To handle the huge amounts of information in a big file recovery world, file Chapter 8: MapReduce Fundamentals 109 systems need to be spread across multiple machines or nodes in a network. lain.

Drive ini sepenuhnya SATA compliant dengan kecepatan transfer mencapai 6Gbps. MTBF (mean time to failure) nya disebutkan 600 ribu jam, atau bila diterjemahkan dalam tahun nyaris mencapai 69 tahun.

Tapi jangan terburu nafsu memilikinya. Bukan Cuma karena harganya yang pasti tak murah, tetapi perhatikan ketinggian drive ini. Ia tidak 7mm atau 9mm, tapi 15mm, jadi tak akan muat dipasang di laptop-mu. Hard disk ini dijadwalkan akan hadir mulai Mei mendatang.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer