Lenovo Luncurkan Pembersih Otomatis Superfish Adware

superfish lenovoJAKARTA, PCplus – Pengguna produk Lenovo yang mempunyai program Superfish di perangkatnya, Lenovo sudah mengeluarkan panduan untuk meng-uninstall program bawaannya tersebut. Tool Lenovo ini akan otomatis meng-uninstall Superfish, jadi kamu tak perlu repot melakukannya secara manual. Silakan kunjungi  http://support.lenovo.com/us/en/product_security/superfish_uninstall atau unduh di http://download.lenovo.com/pccbbs/thinkvantage_en/metroapps/SuperFishRemovalTool/1.0.2.0/Lenovo.SuperFishRemovalTool.exe

Superfish adalah adware yang memasukkan iklan di Web browsing penggunanya. Program ini juga membuat pengguna yang notebook-nya terinstal rentan terhadap serangan cyber yang dikenal sebagai SSL spoofing. Pada SSL spoofing, penyerang dari jarak jauh bisa membaca lalu linta web yang terenkripsi, mengarahkan trafik dari website remsi ke yang palsu, dan melakukan serangan-serangan lain.

Dalam pernyataannya, Lenovo mengatakan sudah mengambil langkah-langkah bulan lalu untuk mencegah Superfish di-instal di mesin-mesin baru, setelah keluhan pengguna berdatangan. Produk Lenovo yang menyertakan Superfish adalah Yoga, Flex dan MiiX, serta seri E, G, U, Y dan Z.

Bagaimana kamu tahu apakah ada Superfish atau tidak di perangkatmu? Kalau lagi menjelajah Internet dan kamu mendapatkan iklan yang bertuliskan “Visual Search results powered by VisualDiscovery.”, berarti ada Superfish di perangkatmu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer