Lenovo Satukan APEM dan APMM

Roderick Lappin_lenovoTOKYO, PCplus – Lenovo sibuk berbenah demi mempertahankan posisinya sebagai vendor PC no. 1 di dunia. Pemain PC dan perangkat mobile Internet ini akan menyatukan pasarnya di Asia Pasifik yang tadinya dibagi menjadi negara berkembang (APEM – Asia-Pacific Emerging Markets) dan negara maju (APMM – Asia-Pacific Mature Markets, terdiri dari Jepang, Australia dan Selandia Baru).

Efektif per 1 April 2015, unit bisnis tersebut akan resmi beroperasi di bawah pimpinan Roderick Lappin. Sebagai Presiden Lenovo wilayah Asia Pasifik, Lappin akan didampingi oleh Ken Wong yang menjabat sebagai Vice President of Strategy and Planning.

Namun Lappin juga akan terus merangkap sebagai Presiden NEC Lenovo Japan Group dan memimpin bisnis di Jepang, Australia dan Selandia Baru. Lappin akan bertanggung jawab langsung kepada Gianfranco Lanci, chief operating officer and executive senior vice president Lenovo.

Siapa sih Lappin? Dialah yang membawa Lenovo APMM ke jenjang sukses di Jepang, Australia dan Selandia Baru. Bergabung dengan Lenovo Singapura pada Februari 2007, pada Oktober 2008 ia diangkat menjadi presiden Lenovo Jepang. Ia juga menjadi pelaksana tugas presiden NEC Lenovo Japan Group – perusahaan patungan Lenovo dengan NEC Corp. Di bawah pimpinannya, Lenovo menjadi perusahaan no.1 di Jepang. Sementara di Selandia Baru, Lappin berhasil mengendalikan sukses peluncuran bisnis konsumer ritel baru-baru ini sehingga dalam waktu tiga bulan pangsa pasar consumer PC notebook Lenovo melonjak dari 0% ke 8,9%.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer