Warisan, Fitur Baru di Facebook

account legacy facebookJAKARTA, PCplus – Jejaring sosial Facebook telah mengumumkan fitur baru bernama Legacy Contact. Fitur ini membuat pengguna bisa menentukan apa yang akan terjadi dengan akunnya setelah ia meninggal dunia.

Fitur yang sudah diaktifkan di AS ini membuat para pengguna Facebook di kawasan itu bisa memilih untuk membuat akunnya dihapus saat ia berpulang, atau menghibahkannya kepada orang lain yang akan mengelola akunnya.

Legacy Contact bisa menuliskan posting terakhirnya, seperti pesan khusus atau pengumuman acara mengenang almarhum, yang kemudian dijepitkan di atas profil almarhmum. Si kontak juga bias merespon permintaan teman baru, dan memperbarui profil pengguna and foto depan (cover photo).

Dalam posting blog-nya, Facebook menuliskan: “Facebook adalah tempat untuk berbagi dan terhubung dengan teman-teman dan keluarga.

“Bagi banyak dari kita, ini juga menjadi tempat untuk mengenang dan menghormati mereka yang meninggalkan kita. Ketika seseorang berpulang, akunnya bisa menjadi kenangan akan kehidupannya, pertemanannya dan pengalamannya.”

Para pengguna Facebook di AS dapat mengeset fiturnya dengan masuk ke Settings > Security > Legacy Contact. Belum ada kabar kapan fitur ini akan diaktifkan untuk wilayah-wilayah lainnya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer