Inilah Cara Mengaktifkan Voice Call di WhatsApp

Sejak awal Maret, WhatsApp berusaha memasukkan fungsi voice call dalam messaging app-nya. Namun fitur itu hanya muncul sebentar.

Kini fitur yang sudah ditunggu-tunggu itu hadir kembali. Versi mutakhir WhatsApp menyediakannya, lengkap dengan undangan dari orang yang sudah mengaktifkan fitur voice call-nya.

Namun WhatsApp belum secara resmi mengumumkan kehadiran fitur ini. Sementara ini voice calling berlaku di Android saja. Untuk iOS dan Windows Phone belum tersedia.

Mau jajal fitur voice call di WhatsApp? Ini dia caranya.
1. Update app WhatsApp kamu minimal ke v2.11.561. Di situs web resmi WhatsApp sekarang versi mutakhirnya adalah v2.12.14. Pastikan juga OS Android ponsel kamu 4.4 KitKat atau lebih tinggi.

2. Aktifkan Unknown Sources di seting Security kamu. Pada mayoritas Android, kamu akan menemukannya di Settings > Security > Unknown sources

3. Minta seseorang yang sudah mengaktifkan fitur voice calling WhatsApp untuk menelepon kamu.

whatsapp-voice calling14. Begitu kamu menjawab panggilannya, tiga tab akan muncul di bagian atas interface WhatsApp kamu: calls, chats dan contacts. Ini berarti fitur voice calling sudah diaktifkan. Tab calls akan memperlihatkan daftar panggilan secara rinci. Sementara di sebarang chat dengan kontak WA kamu akan melihat ikon dialer di bagian atas yang sekarang bisa melakukan panggilan langsung via WA dan bukan dari dialer biasanya.

 

Jika cara di atas tidak berhasil, ada cara bagi kamu yang sudah melakukan root untuk memaksakan kehadiran fitur voice call. Namun ini agak menyebalkan. Sebab kamu harus terkoneksi ke PC dan membuka terminal setiap kali kamu ingin menelepon orang di WA sebelum fitur ini diaktifkan secara permanen untuk kamu.

Begini caranya:
1. Buka terminal emulator dan ketik perintah berikut:

su -c am start -n com.whatsapp/com.whatsapp.HomeActivity

OK, selamat bertelepon-ria di WA!

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: