Bisnis Huawei Makin Kuat

huawei_logoSHENZHEN, PCPlus – Raksasa Tiongkok Huawei baru saja mengumumkan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit oleh KPMG. Hasilnya, pendapatan dan laba bersih di seluruh sektor bisnis Huawei pada tahun 2014 menguat.

Pendapatan keseluruhan grup mencapai 288,2 miliar Yen (US$ 46,5 miliar), atau meningkat 20,6% dari tahun 2013. Sementara laba bersih grup mencapai 27,9 miliar Yen (US$ 4,5 miliar), meningkat 32.7% dari tahun-tahun sebelumnya.

Fokus dan konsisten dalam menjalankan strategi, dengan efisiensi manajemen secara keseluruhan, disebut Ken Hu (Deputy Chairman of the Board and Rotating CEO Huawei Technologies) sebagai kunci sukses mereka. “Dengan nilai investasi yang besar pada komputasi awan, big data, 5G, SDN dan NFV, kami yakin Huawei dalam posisi yang tepat menangkap peluang bisnis yang luar biasa di era transformasi digital ini,” ucap Ken Hu.

Peningkaan terbesar adalah di sektor Consumer Business Group, khususnya untuk smartphone, yang naik 32,6% menjadi 75.1 miliar Yen (US$ 12 miliar). Peningkatan terbesar kedua adalah di Enterprise Business Group yang tumbuh 27,3% menjadi 19.4 miliar Yen (US$ 3 miliar). Berikutnya adalah Carrier Business Group yang tumbuh 16,4% menjadi 192,1 miliar Yen(US$ 31 miliar), dengan kontribusi besar pada penerapan jaringan mobile broadband di seluruh dunia.

Tahun ini, kata Hu, teknologi TIK, terutama broadband, komputasi awan, big data, dan Internet of Things (IoT),  akan menjadi pemacu transformasi di berbagai industri.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer