Survei Kaspersky Lab: Jejaring Sosial Sajikan Bahaya pada Anak

cyber bullyingJAKARTA, PCplus – Anak-anak jaman sekarang cenderung adiktif Internet. Dengan smartphone atau tablet yang dibelikan orang tuanya, mereka sibuk sendiri nyaris tak terkendali, termasuk main game. Padahal ada sejumlah game yang tak cocok bagi anak-anak karena mengandung kekerasan, bahkan adegan erotis. Dilarang atau dibatasi penggunaan perangkat mobile bisa jadi jalan keluar tapi kurang efektif.

Cara yang lebih baik, tapi sulit dilakukan, tentu adalah mendampingi anak saat ia pakai perangkat mobile-nya. Atau kurangi interaksinya dengan perangkat mobile dengan mengajaknya olah raga atau aktivitas fisik lain. Atau manfaatkan solusi keamanan TI yang bisa menyaring konten dan mengaudit perangkat mobile anak-anak. Gunakan pilihan “baby mode” jika mungkin untuk membatasi fungsi dan akses ke data.

Namun ancaman yang serius juga datang dari jejaring sosial. Sebab anak-anak bisa berkenalan dengan siapa saja, juga menambahkan siapa pun sebagai temannya. Padahal belum tentu orang tersebut berniat baik loh. Karena itu, anak perlu diajari cara menyaring informasi yang akan mereka tayangkan di jejaring sosialnya. Ini agar mereka tak sembarangan menambahkan orang yang baru dikenalnya secara maya sebagai teman jejaring sosial.

Ancaman lain adalah cyber bullying atau gangguan, penganiayaan, ancaman terhadap anak-anak di Internet. Menurut survei Kaspersky Lab dan B2B International, 22% anak terpengaruh oleh insiden cyber, termasuk cyber bullying.

Agar cyber bullying tidak tercipta, sebagai orang tua kamu harus membuat aturan, juga mengingatkan anak agar tidak berkelahi dengan orang lain. Mereka juga harus memberitahu orang tua kalau menjadi korban cyber bullying. Lalu kamu sebagai orang tua disarankan mengambil screen shot sebagai bukti cyber bullying. Jika mungkin, bicaralah dengan orang tua pengganggu. Kalau tak ada hasil, jangan sungkan melaporkannya ke penyedia layanan internet atau polisi.

Hmm, kalau mau memastikan anak kamu aman dari ancaman cyber pada perangkat mobile-nya, kamu bisa gunakan solusi dari Kaspersky Lab seperti Safe Browser untuk iOS dan Windows Phone, Kaspersky Internet Security untuk Android dan Kaspersky Safe Kids. Yang terakhir ini adalah solusi keamanan khusus untuk Windows, Mac OS X, Android dan iOS.

Namun penting diingat, tidak ada teknologi yang dapat melindungi anak kamu sendirian. Berkomunikasilah dengan mereka! Bahkan solusi keamanan yang paling diandalkan sekalipun bukanlah pengganti percakapan. Sangat penting untuk memiliki hubungan saling percaya dengan anak-anak, sehingga mereka tidak takut untuk mendiskusikan masalah mereka dengan orang tuanya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer