Waduh, Darwin Nuke Bikin iPhone 5s/6 dan iPad Crash

apple-logoJAKARTA, PCplus – Kamu yang pakai iOS 8 dan OS X 10.10, hati-hati loh. Perangkatmu bisa mudah kena DoS (Denial of Service) yang bisa diaktifkan dari jarak jauh. Perangkatmu bisa crash nanti.

Adapun perangkat yang terancam adalah yang pakai prosesor 64-bit dan iOS 8: iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus,iPad Air, iPad Air 2,iPad mini 2, dan iPad mini 3. Begitu kata peneliti keamana Kaspersky Lab.

Ini, kata Kaspersky Lab, gara-gara celah di kernel Darwin, yakni sebuah komponen open source baik dalam sistem operasi OS X maupun iOS.  Darwin Nuke” dieksploitasi ketika memproses paket IP dengan ukuran tertentu dan dengan pilihan IP yang tidak sah.

Setelah memproses paket jaringan yang tidak sah tersebut, sistem akan crash. Sistem akan crash jika paket IP seperti ini:

– Ukuran header IP yang hanya 60 byte.

– Ukuran muatan IP yang kurang dari atau sama dengan 65 byte.

– Pilihan IP yang tidak benar (ukuran opsi, kelas, dll yang tidak sah)

Untungnya penyelesaiannya mudah. Kamu cukup meng-update ke OS X 10.10.3 dan iOS 8.3 yang baru dirilis. Begitu kata Anton Ivanov (Senior Analyst Malware, Kaspersky Lab).

O ya, kalau mau melindungi OS X terhadap celah Darwin Nuke kamu juga bisa menggunakan fitur Network Attack Blocker dari Kaspersky Lab Security Internet for Mac 15.0.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer