Windows akan Digratiskan?

microsoft-logoJAKARTA, PCplus – Saat pertemuan komunitas ChefCon, sebuah kejutan dilontarkan oleh Microsoft Technical Fellow dan top engineer Mark Russinovich di hadapan ratusan orang yang menggunakan Chef, sebuah tool manajemen website open-source. Russinovich mengatakan, suatu hari nanti Microsoft dapat meng-“open source” seluruh OS Windows. Alias menyediakan kodenya secara cuma-cuma.

“Itu jelas mungkin terjadi,” kata Russinovich. “Ini Microsoft baru.”

Mengagetkan bukan? Tapi Microsoft saat ini memang sudah berganti komandan. Pemimpinnya bukanlah Ballmer yang menentang Linux yang open source, tapi Nadella.

Namun tidaklah mungkin ucapan Russinovich terwujud dalam waktu dekat. Apalagi saat ini Windows masih merajai OS desktop, dan Microsoft meraup banyak uang dari lisensi Windows. Ini kendati di sejumlah negara beredar Windows non-original.

Tapi bukan tidak mungkin Microsoft membuat mesin uang dari Windows selain dari lisensi. Ia bisa saja menjual paket enterprise service dan manajemen seperti yang dilakukan Red Hat. Dan ini hanya bisa dilakukan di sektor server, yang masih dikuasai Linux.

Faktanya, Microsoft telah memperluas NET framework dan Azure, dan membuat bagian-bagian dari produk open source tersebut di masa lalu. Ia juga banyak berkontribusi pada GitHub. Namun lisensi open source untuk Windows di sisi client sepertinya impian belaka deh.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer