Wah, Cakupan Wi-Fi di British School Jakarta Sudah 100%

credit photo: BSJ
credit photo: BSJ

JAKARTA, PCplus – Wi-Fi jaman sekarang seperti fitur wajib. Kalau tidak ada, rasanya ruang gerak mobile menjadi terbatas deh. Di sekolah pun kalau bisa Wi-Fi tersedia di luar dan dalam ruangan.

Salah satu contoh pengguna Wi-Fi 100% untuk jaringan kampus (sekolah) adalah British School Jakarta (BSJ).Para siswa dan guru sekolah dengan kurikulum pendidikan Inggris yang berlokasi di Bintaro, Jakarta ini bebas menggunakan perangkat mobile terbaru masing-masing untuk berselancar pada jaringan nirkabel standar 802.11ac.

Sekolah yang mendidik siswa usia 3 – 18 tahun ini memang mendukung penggunaan teknologi. Para gurunya sering memperkaya pengalaman belajar melalui buku pelajaran elektronik (e-textbook), aplikasi pendidikan dan papan tulis interaktif. Mereka pun rutin memakai iDevices.

“Semua siswa kami menggunakan iPad atau MacBook dan mereka dapat terhubung ke Apple TV di ruang kelas mereka untuk memfasilitasi pembelajaran di kelas. Ketersediaan jaringan nirkabel yang efisien sangat penting untuk memastikan bahwa para siswa kami memiliki fasilitas yang cukup untuk sukses,” kata Paul Martindale (IT Manager di BSJ).

“Perangkat mobile seperti laptop, smartphone dan tablet sudah merupakan bagian integral dari pendidikan dan pembelajaran bagi siswa, dan sekolah harus membangun jaringan dan infrastruktur TI yang kuat untuk mendukung tren ini,” kata James Chia, Managing Director Aruba Networks Asia Tenggara.

Setelah evaluasi, BSJ mengimplementasikan Aruba Networks untuk membangun infrastruktur jaringan yang disiapkan untuk mobilitas yang kuat. Access Point (AP) Aruba Networks secara strategis ditempatkan di segenap penjuru sekolah untuk menyediakan jangkauan jaringan 100% untuk seluruh sekolah. Diintegrasikan pula firewall mobilitas generasi terbaru yang mengutamakan aplikasi penting yang sensitif jeda (delay-sensitive), untuk memastikan bahwa siswa dan staf dapat mengakses yang mereka butuhkan ketika mereka membutuhkannya.

Maka kini semua perangkat nirkabel di sekolah, di dalam maupun di lapangan olah raga bisa terkoneksi. Untuk meningkatkan kinerja nirkabel, BSJ menggunakan teknologi unik ClientMatch Aruba yang dioptimalkan untuk 802.11ac dan menciptakan pengalaman mobilitas yang mulus di lingkungan sekolah. ClientMatch secara kontinu mengumpulkan metrik kinerja dan menghubungkan setiap perangkat ke Access Point (AP) dengan kinerja terbaik dalam jaringan, sehingga meningkatkan kecepatan akses jaringan mereka.

Untuk memantau semua AP, controller dan perangkat di lingkungan sekolah, BSJ memakai AirWave network management Aruba. Dari situ, tim TI bisa melihat konsumsi bandwidth perangkat, mengelola perangkat sekolah (printer dan Apple TV) yang dipakai bersama-sama, memberikan akses global untuk masing-masing perangkat, atau membatasi akses sesuai dengan username, peran, atau lokasi pengguna.

Alokasi akses dapat dilakukan berdasarkan profil pengguna, waktu dan lokasi akses yang diperlukan melalui ClearPass Access Management System Aruba. Siswa boleh mendaftarkan sendiri perangkatnya dan hak sharing-nya. Untuk login ke jaringan, ia hanya perlu satu username dan password, sehingga efisien dari segi waktu dan sumberdaya TI sekolah.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: