WISE, Agar Perempuan Indonesia Makin ‘Melek’ Keuangan

(kiri-kanan) Paul Setiawan Hasjim, Director of Operations & IT Commonwealth Bank Indonesia, Lasmaida Gultom, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK, Rian Kaslan Kaslan, Head of Wealth Management &Business  Strategy Commonwealth Bank Indonesia berpose bersama  dalam acara peluncuran WISE Mobile Application.
(kiri-kanan) Paul Setiawan Hasjim, Director of Operations & IT Commonwealth Bank Indonesia, Lasmaida Gultom, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK, Rian Kaslan Kaslan, Head of Wealth Management &Business Strategy Commonwealth Bank Indonesia berpose bersama dalam acara peluncuran WISE Mobile Application.

JAKARTA, PCplus – Di banyak negara, tenaga kerja perempuan memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Data Bank Dunia menyebutkan, di negara berkembang, termasuk Indonesia, 8 – 10 juta perusahaan dimiliki oleh perempuan. Atau perempuan menguasai 30% – 37% dari total kepemilikan UKM (usaha kecil menengah).

Perempuan juga memegang peran besar dalam mengambil keputusan tentang keuangan bisnis dan keluarga. Mereka bertanggung jawab atas 51% perencanaan keuangan keluarga dan 33% usaha kecil di Indonesia. Apalagi, 57% pengguna produk dan layanan keuangan adalah perempuan.

Sayangnya perempuan Indonesia belum semua memiliki pengetahuan tentang keuangan. Survei OJK (otoritas jasa keuangan) mengungkapkan, tingkat literasi keuangan perempuan Indonesia masih tertinggal daripada pria (19% vs. 25%).

Karena itu edukasi keuangan yang baik bagi perempuan sangat diperlukan. Akses kredit misalnya bisa membuka kesempatan ekonomi bagi perempuan, sementara akses ke penyimpanan uang di bank menawarkan pelayanan keuangan lainnya.

Nah untuk membantu kaum perempuan agar lebih melek keuangan, termasuk dalam mengelola keuangan pribadi, Commonwealth Bank Indonesia meluncurkan aplikasi seluler WISE (Women Investment Series). Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store dan App Store.

“Kita semua tentu memahami pentingnya literasi keuangan sebagai kunci untuk meningkatkan kesejahteraan finansial. Kami memberikan dukungan sepenuhnya untuk gerakan WISE sebagai bagian dari komitmen kami untuk turut berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan finansial komunitas di mana pun kami berada,” kata Tony Costa (Presiden Direktur Commonwealth Bank Indonesia), “Bersama-sama, dengan dukungan serta partisipasi dari OJK, Dewan Penasihat WISE, dan komunitas, kami percaya ke depannya inisiatif WISE dapat melebarkan sayapnya dan memperkuat perempuan Indonesia,” tambahnya.

App WISE ini tidak melulu tentang keuangan loh. Selain Forum tentang Finansial, di dalamnya ada 6 forum diskusi lain: fashion dan kecantikan, kehidupan sehari-hari, rekreasi, kontes dan forum umum.

Gerakan WISE sendiri diluncurkan pertama kali tahun 2014. Ini adalah gerakan literasi keuangan khusus untuk perempuan. Melalui komunitas WISE, para perempuan Indonesia dapat saling bertukar pendapat dan pengetahuan di berbagai hal termasuk bisnis, keuangan, keluarga, dan masalah pribadi.

Sampai saat ini, gerakan WISE telah melakukan langkah-langkah proaktif untuk memfasilitasi kebutuhan perempuan Indonesia, terutama yang dapat membantu mereka mengelola keuangan pribadi dan memberikan akses luas ke informasi yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer