IBM dan Facebook Jalin Kerjasama

ibm fbARMONK, PCplus — Promosi dan pemasaran produk via Facebook banyak dilakukan di mana saja. Namun agar lebih tepat sasaran, perlu analisis data konsumen lebih lanjut.

Untuk memberikan pengalaman yang lebih berarti bagi pelanggan di beragam aplikasi, perangkat dan waktu itulah IBM dan Facebook menjalin kerjasama. Maka teknologi iklan Facebook, yakni Custom Audiences akan dilengkapi dengan analitik mendalam dan desain fitur IBM. Harapannya, dengan IBM Journey Designer yang baru itu sebuah merek dapat memberikan pengalaman pelanggan yang personal dalam berbagai hal.

Penggunaan Journey Analytic pun dapat memberikan pemahaman lebih yang memudahkan pelanggan dalam memberi tanggapan. Merek dagang disebutkan akan dapat secara akurat menentukan kelompok pelanggan tertentu dari 1,44 miliar orang pemilik akun Facebook yang aktif. Pemilik merek juga bisa membuat korelasi secara tepat antara keinginan pelanggan dan dapat langsung berinteraksi melalui berbagai jalur. Masukan mendalam ini dapat disampaikan secara nyata melalui solusi IBM Journey Designer yang mengarahkan sebuah merek untuk memberikan pesan yang lebih meyakinkan pada pemilik akun Facebook dan media lainnya.

Contoh, perusahaan ritel yang meluncurkan lini bisnis baru untuk perlengkapan olah raga lari dapat menggunakan Custom Audience Facebook dan menargetkan solusi pada segmen kelompok pelanggannya yang tertarik dengan olah raga lari jarak jauh. Perusahaan ritel ini selanjutnya dapat mengumpulkan informasi yang menyeluruh yang dapat digunakan sebagai masukan dalam memilih perlengkapan lari tersebut, dan sesuai dengan lokasi dan cuaca dapat menawarkan diskon untuk pakaian yang sesuai. O ya,

IBM juga mengumumkan bahwa Facebook akan menjadi perusahaan pertama yang bergabung dengan IBM Commerce THINKLab yang baru. Ini adalah sebuah penelitian dan lingkungan yang berkolaborasi di mana perusahaan dapat langsung berhubungan dengan merek tertentu untuk mempercepat pengembangan tekonologi yang diciptakan untuk pengalaman pelanggan yang lebih personal. Para peneliti di IBM, pakar Facebook, pakar domain, desainer dan mitra lainnya dapat bekerja berdampingan untuk mengidentifikasi area tertentu yang dibutuhkan dan memberikan solusi baru.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer