Asik, Layar Smartphone Retak Dicakup Garansi

Foto: Flickr/Carrrrrlos

JAKARTA, PCplus – Gadget – smartphone, tablet dan notebook – yang rusak karena terjatuh atau terpapar cairan biasanya tak dicakup dalam garansi produk vendor. Kalau notebook atau tablet barumu tersenggol dari atas meja dan jatuh, lalu layarnya retak, garansinya tidak laku deh. Begitu juga jika ponsel barumu terjatuh ke air atau notebook barumu tersiram cairan seperti kopi. Garansi produk umumnya tak berlaku.

Nah kondisi ini dimanfaatkan oleh Home Credit dan TecProtec untuk menawarkan proteksi terhadap gadget. Kamu yang membeli gadget baru — smartphone, tablet dan notebook – dari perusahaan pembiayaan Home Credit akan disodori program Easy Cover dari TecProtec. “Yang membeli ponsel, tablet, atau laptop (di Home Credit) bisa membeli proteksi terhadap (kerusakan akibat) jatuh dan likuid,” kata Jaroslav Gaisler (CEO, Home Credit Indonesia) dalam jumpa pers di Jakarta (1/7/2015).

Jadi, jika gadget barumu itu rusak karena terjatuh atau terkena cairan, kamu yang beli program Easy Cover bisa mengajukan klaim ke Home Credit. Barang yang rusak tadi akan diperbaiki oleh pihak Home Credit yang bekerjasama dengan sejumlah master repair. “Yang tidak bisa diperbaiki akan diganti dengan (barang) yang baru,” ujar Julian Wong (Group Chief Financial Officer, TecProtec).”Paling lama 7 hari kerja, tapi umumnya 5 hari sudah selesai, dan mendapat garansi 3 bulan,” tambah Salim Umar (Business Development Manager TecProtec Indonesia).

Kamu pun tak usah repot mengantar dan nanti mengambil barang ke lokasi Home Credit. “Barang akan dijemput dan diantar setelah selesai diperbaiki,” kata Wong. Kamu boleh menentukan lokasi penjemputan barang yang rusak. Boleh di rumah atau di lokasi kantor. Pembeli program Easy Cover pun bebas menghubungi bagian Technical Support untuk berkonsultasi tentang cara penggunaan gadget misalnya.

Kecelakaan gadget saat dibawa ke luar negeri, kata Wong, juga dicakup Easy Cover. “Klaim bisa dilakukan setelah kembali ke tanah air,” katanya. Sebab Easy Cover mencakup perjalanan di luar Indonesia sampai 60 hari. O ya, program Easy Cover tidak membebankan ongkos kirim, tapi menurut Salim, ada tambahan biaya on-risk seperti pada asuransi yang besarnya 10% dari biaya perbaikan/penggantian.

Yang perlu diingat, program Easy Cover ini hanya berlaku untuk pembelian gadget baru di Home Credit. “Berlaku sesuai masa pembayaran pinjaman, maksimal 9 bulan setelah pembelian,” kata Salim. Satu lagi, klaim perbaikan tidak otomatis disetujui loh. Pihak TecProtec akan meneliti dulu apakah kerusakan itu disengaja tau tidak. Jika tidak disengaja, barulah klaim diproses. Dan tak ada klaim pembayaran tunai ya.

Selain dengan Home Credit Indonesia, di tanah air TecProtec menawarkan program proteksi gadget-nya dengan sejumlah mitra, antara lain OkeShop dan Samsung. TecProtec juga sudah lebih dulu beroperasi di negara lain (Malaysia, Filipina, India). “Di negara lain, kami juga memproteksi kamera digital, tapi di sini belum,” kata Wong.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer