IBM kian Giat di Open Source

ibm bluemixJAKARTA, PCplus – IBM baru saja mengumumkan sejumlah produk open source yang dirancang untuk mempercepat inovasi cloud developer. Yang pertama adalah developerWorks Open yang merupakan platform kolaborasi untuk memberi developer akses ke project dan sumberdaya open source berpotensi-tinggi, termasuk spellchecker. Idenya adalah membantu memangkas kesulitan bagi developer yang mencari teknologi untuk memecahkan tantangan bisnis.

IBM juga mengumumkan inisiatif yang mendukung kaum perempuan di sektor teknologi, termasuk kamp-kamp komputer melalui inisiatif Girls Who Code, dan ReBoot Accelerator. Keduanya dirancang untuk mempercepat kaum perempuan yang terjun kembali ke sektor ini.

Sebagai bagian dari IBM Bluemix, termasuk analytics, mobile dan cloud-based, IBM akan terlibat di lebih dari 50 project. Tim ini juga akan bermitra dengan 20 institusi akademik di seluruh dunia untuk mengintegrasikan Bluemix ke dalam kurikulum ilmu komputer sampai kewirausahaan, dengan target 300 ribu mahasiswa untuk tahun pertama.

“IBM sangat yakin bahwa open source adalah dasar dari pengembangan inovatif aplikasi di cloud,” kata Dr Angel Diaz (IBM’s vice president of cloud architecture and technology). “Dengan developerWorks Open, kami meng-open sourcing inovasi IBM tambahan yang menurut kami berpotensi mengembangkan masyarakat dan ekosistem dan nantinya bisa menjadi teknologi yang mantap.”

Paket analytics lain yang mendapat dukungan adalah Activity Streams, yakni paket untuk menciptakan user-to-machine, machine-to-machine dan user-to-user projected ecosystem.

Selain itu ada Agentless System Crawler yang menawarkan unified cloud monitoring dan analytics framework untuk memampukan visibilitas ke semua tipe platform cloud dan runtimes.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer