Pengguna Picasa Desktop Diminta Pindah ke Google Photos Backup

picassa google photoJAKARTA, PCplus – Sebagai bagian dari transisi layanan berbagi dan hosting foto baru Google, yakni Google Photos, yang diluncurkan Mei lalu, para pengguna software desktop Google Picassa sekarang diminta untuk meng-upgrade ke Google Photos Backup. Ini agar gambar-gambarnya disimpan di cloud storage Google. Perubahan ini bisa jadi mencerminkan rencana migrasi Picasa ke layanan web Google Photos.

Kamu yang melalukan update melalui Google Software Update program akan melihat perubahan ini. Dalam catatan rilis untuk automatically downloaded update, Google mengatakan bahwa versi baru (3.9.140) Picasa menyertakan “Updates for Google Photos Release (details TBA).”

Setelah update di-instal, kamu akan diminta mengunduh dan meng-instal Google Photos Backup ketika berikutnya kamu meluncurkan software desktop Picassa. Kalau kamu masih suka Picassa, abaikan permintaan itu dengan mengklik tombol “No Thanks.” Maka kamu akan tetap bisa memakai Picassa seperti biasa.

Namun kamu yang mengklik “Get Google Photos Backup” akan diarahkan ke halaman download apps pada website Google Photos. Dari situ, kamu bisa memilih untuk mengunduh software desktop upoader yang sebelumnya tersedia bagi pengguna Google Photos. App ini memudahkan proses unggah foto dan video pada komputermu, atau dari kamera dan kartu memori eksternal yang terkoneksi ke layanan online Google Photos.

Sementara ini, Picassa desktop belumlah benar-benar digantikan oleh Google Photos desktop app. Namun bisa jadi suatu saat nanti Google melakukannya. Picassa kan sudah cukup berumur dan tidak menyertakan hal-hal keren dari Google Photos seperti automated montage-building assistant.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer