IBM Lepas Unit Chip-nya ke GlobalFoundries

ibm chipJAKARTA, PCplus РProses penjualan lengan bisnis produksi-chip IBM kepada GlobalFoundries telah selesai. Unit tersebut  dilepas dengan harga US$ 1,5 miliar. Menurut IBM, dengan transaksi ini GlobalFoundries akan menjadi penyedia teknologi prosesor semikonduktor eksklusif bagi IBM untuk 10 tahun ke depan.

“Pengumuman ini adalah langkah berikut kami dalam hubungan jangka panjang dengan GlobalFoundries. IBM terus berinvestasi di kepemimpinan, inovasi dan talenta sistem untuk jangka panjang,” kata Tom Rosamilia, SVP of IBM Systems.

“IBM mendesain dan mengembangkan sistem TI untuk era digital, termasuk server, storage dan middleware yang akan memampukan para klien kami untuk menggerakan model bisnis dan beban kerja baru,” tambah Rosamilia.

Dengan lepasnya unit produksi-chip, IBM kini bisa berfokus pada riset dan pengembangan untuk membuat produk-produknya berbeda. Penjualan ini sejalan dengan strategi jangka panjang IBM untuk menjual unit hardware, PC dan server ke Lenovo. Pasalnya, IBM memandang software dan servis sebagai masa depannya di era cloud, mobility dan big data.

“IBM Research akan terus fokus pada riset dan inovasi keilmuan material dan semikonduktor untuk mendorong kepemimpinan IBM pada mainframe, Power dan storage systems maupun cloud, big data dan analytics systems,” kata IBM.

O ya, IBM mengalokasikan dana US$ 3 miliar untuk empat tahun ke depan untuk mengembangkan unit Internet of Things. Tujuannya adalah membangun platform terbuka berbasis-awan untuk membantu para klien dan mitra ekosistem IBM agar bisa mengintegrasikan data secara real time dengan lebih baik.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer