Bocor, Spesifikasi Qualcomm SnapDragon 820

snapdragon 820JAKARTA, PCplus – Spesifikasi untuk prosesor mobile Qualcomm mendatang, Snapdragon 820, bocor sebelum jadwal peluncurannya pada 11 Agustus mendatang. Adalah analis Pan Jiutang yang membocorkannya, dengan mem-posting beberapa slide pada Weibo.

Qualcomm sendiri menolak berkomentar tentang kebocoran tersebut. “Sayangnya saya tidak punya apa pun saat ini karena Qualcomm tidak mengomentari rumor,” kata seorang wakil perusahaan.

Kendati slide tersebut tidak sepenuhnya benar, ia tampak sejalan dengan rumor-rumor lain yang sudah beredar. Slide ini memperlihatkan Snapdragon 820 dengan Hydra CPU baru yang diklaim 35% lebih cepat dibandingkan prosesor Qualcomm Snapdragon 810. Selain itu ada prosesor grafis Adreno 530 yang disebutkan 40% lebih cepat dibandingkan chip high-end mutakhir tersebut, dan juga 30% lebih efisien daya.

Prosesor 820 itu dimanufaktur dengan proses 14nm, yang jauh lebih kecil dibandingkan Snapdragon 810 yang 20nm.

Slide tersebut juga mengesankan bahwa Snapdragon 820 akan tersedia akhir tahun ini, dan para manufaktur akan mulai memasarkan produknya para kuartal pertama tahun depan. Rumor lain mengatakan, Samsung Galaxy 7 akan didayai oleh 820.

Sekadar penyegar, Snapdragon 810 octa-core diumumkan akhir tahun lalu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: