Google Siap Hadirkan Android One Kembali

PCplus – Kamu masih ingat Android One? Android One merupakan inisiatif Google untuk menghadirkan perangkat Android yang berharga terjangkau, namun dapat merasakan feature dan update sistem operasi Android terbaru karena proses updatenya ditangani langsung oleh Google.

Sekitar awal tahun 2015, Android One hadir di Indonesia melalui beberapa merk lokal seperti Mito, Nexian, dan Evercoss. Smartphone Android One tersebut memiliki harga yang terjangkau, namun tetap memiliki spesifikasi yang cukup lumayan seperti chip quad core serta RAM sebesar 1 GB.

Baru-baru ini, Google dikabarkan akan meneruskan lagi inisiatif perangkat berharga terjangkau tersebut. Dikutip dari The Verge, Rajan Anandan (Managing Director, South East Asia, Google) menyatakan bahwa Google akan menghadirkan proyek Android One baru dalam beberapa pekan ke depan.

Jika Android One generasi pertama dipatok di harga sekitar US$99, maka untuk Android One generasi berikutnya Google mengincar harga yang lebih rendah lagi. Kabarnya, smartphone Android One baru ini nantinya ditargetkan akan memiliki harga sekitar US$50.

Untuk inisiatif Android One terbaru ini, India tampaknya akan menjadi negara pertama yang akan memiliki smartphone yang seluruh update sistem operasinya dipegang langsung oleh Google tersebut. Selanjutnya akan dihadirkan ke beberapa negara berkembang lain yang memiliki kualitas koneksi internet yang kurang memadai.

Steven Irwandi

.

%d bloggers like this: