SolidWorks 2016 Makin Mudah Dipakai

ki-ka: Ba Thong Phan dan Benjamin Tan dari SolidWorks AP Dassault Systemes usai memaparkan fitur baru SolidWorks 2016 di Jakarta (29/9/2015)
ki-ka: Ba Thong Phan dan Benjamin Tan dari SolidWorks AP Dassault Systemes usai memaparkan fitur baru SolidWorks 2016 di Jakarta (29/9/2015)

JAKARTA, PCplus – Berkreasi di jaman sekarang jauh lebih mudah dibandingkan dulu. Sebab ada banyak software yang bisa membantu mengubah kreasi menjadi desain 3D yang kemudian akan diwujudkan secara fisik.

Salah satu software itu adalah SolidWorks besutan Dassault Systemes (DS). SolidWorks, terang Benjamin Tan (Sales Director of Professional Channel, SolidWorks AP South, Dassault Systemes) dalam jumpa pers di Jakarta (29/9/2015), adalah software yang bisa mendesain komponen tunggal sampai yang kompleks, termasuk sirkuit produk listrik maupun mekanikal. Begitu pula simulasi untuk menguji tingkat kegagalan maupun untuk kebutuhan dokumentasi desain proyek sejak dari kontrol sampai proses persetujuan oleh kustomer desain.

Dijelaskan oleh Ba Thong Phan (Senior Technical Manager, SolidWorks AP South, Dassault Systemes), ┬áDS selalu melakukan peningkatan berdasarkan input dari para penggunanya agar software-nya kian mudah dipakai. Salah satu hasilnya, pada SolidWorks 2016 pengguna bisa memilih command yang ada di object. “Tidak perlu menggunakan tool di menu, tapi cukup dari Breadcrumbs,” kata Tong.

Kemudahan lain adalah adanya Photoview 360. Sementara untuk urusan cetak 3D,  versi terbaru ini kini mampu memperlihatkan striation lines saat file 3D dikirim ke printer 3D yang akan melakukan pencetakan lapis-demi-lapis.

SolidWorks 2016, tandas Tan, memermudah pengguna dalam empat hal: desain, validasi, kolaborasi dan membangun (built).

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: