Didukung Nokia, 11 Kota Bisa Nikmati LTE-Advanced Smartfren

smartfren 4gJAKARTA, PCplus – Era 4G LTE sudah datang. Para operator telekomunikasi seakan berpacu meluncurkan layanan data pengganti 2G dan 3G tersebut. Layanan 4G LTE (long term evolution) ini terbagi menjadi FDD (Frequency Division Duplexing) dan TDD (Time Division Duplexing), dan 4G+ (LTE Advanced).

Operator Smartfren baru saja menerapkan 4G LTE Advanced. Melalui kerjasama dengan Nokia Networks, jaringan TDD-FDD LTE pertama di Indonesia ini akan digelar di 11 kota di bagian barat Indonesia. Jakarta tentu saja termasuk. Dua frekuensi spektrum akan dipakai. Solusi small cell Flexi Zone dari Nokia Networks digunakan untuk mengoptimalkan cakupan dalam ruangan. Inti, radio dan keahlian layanan Nokia Networks memastikan kesuksesan implementasi jaringan. Pada tahap berikutnya, Nokia Networks akan menempatkan virtualisasi EPC untuk meningkatkan fleksibilitas dan ketangkasan dalam jaringan.

“Smartfren sedang menggelar teknologi LTE paling canggih dengan dukungan Nokia, menggunakan TDD/FDD hybrid untuk meraih kecepatan tertinggi dengan TDD di 2300 MHz dan cakupan terluas dan lebih baik dalam membangun penetrasi dengan FDD di 850 MHz. Kombinasi ini memungkinkan Smartfren untuk menawarkan layanan LTE-Advanced terluas dan paling unggul bagi masyarakat Indonesia,” kata Christian Daigneault (CTO, Smartfren) dalam rilis persnya.

Dengan jaringan yang baru ini, pelanggan Smartren disebutkan dapat menikmati berbagai layanan data-intensive seperti multimedia streaming, game online, penyimpanan cloud dan video conference.

Selain dengan Nokia Networks, Smartfren juga menjalin kemitraan dengan ZTE untuk menggelar jaringan 4G LTE Advanced-nya.