Usung Isu Sekuriti TI, Metrodata Siap Gelar MSD 2015

Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk Susanto Djaja
Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk Susanto Djaja

¬†JAKARTA, PCplus – Saat ini sosial media sudah sangat mempengaruhi perilaku bisnis. “Semua bisnis dibuat digital,” kata Susanto Djaja (President Direktur, PT Metrodata Electronics Tbk) dalam jumpa pers di Jakarta (12/10/2015).

Dalam dunia yang serba digital, tutur Susanto, keamanan data sebenarnya justru menjadi penting. Namun sekuriti justru menjadi hal yang sering dilupakan perusahaan. Padahal data yang digunakan oleh orang yang tidak berhak bisa sangat berbahaya, misalnya berubah dari saat dikirim dan diterima pihak lain, atau bahkan tidak tersedia ketika dibutuhkan.

“Namun data yang terlalu aman juga tidak bagus, karena bisa membuat bisnis berhenti,” kata Susanto.

Sekuriti, tambah Johannes Kosasih (IS Consultant, PT MII), melibatkan tiga komponen, yakni kesediaan (availability), keaslian (integrity), dan kerahasiaan (confidentiality).

Nah, agar perusahaan dapat lebih memahami pentingnya sekuriti Рbagaimana menjaga ketersediaan, kerahasiaan dan keaslian data РMetrodata akan menggelar MSD (Metrodata Solution Day ) 2015 selama satu hari di Jakarta. Acara tahunan ke-12 ini rencananya akan diselenggarakan pada 5 November mendatang. Metrodata akan menghadirkan seminar dan solusi sekuriti bersama para mitranya,  antara lain HP, IBM, VMWare, F5, Kaspersky, Trend Micro, Oracle, dan Microsoft.

“Kami akan terus melakukan edukasi pasar terkait keamanan informasi agar TI tidak hanya dilihat sebagai support, tetapi juga memiliki nilai tambah untuk bisnis,” terang Sjafril Effendi (Direktur, PT Metrodata Electronics Tbk).

“Metrodata tidak product-driven, bertindak setelah ada kejadian. Kami bisa bantu perusahaan membuat assesment, cari tahu bolong-bolongnya sekuriti di perusahaan, misalnya database security, password disimpan di mana, update logaritmanya, yang pegang password apakah sampai level direksi,” kata Sjafril.

Ditambahkan oleh Susanto, perusahaan umumnya masih suka bingung mengalokasikan anggaran untuk sekuriti. “Metrodata mau mengedukasi resiko yang terjadi, bisa bisa menyiapkan cara-cara menangani kendati belum tidak bisa menjamin bisa teratasi 100%,” katanya,

Metrodata, tegas Susanto, kini bukan lagi sekedar System Integrator (SI) tetapi Solution Provider. “Ada konsultasi, bisa petakan sekuriti di perusahaan, termasuk untuk proses, yakni dari sisi manusianya.”

O ya, berbeda dengan MSD tahun sebelumnya yang berlangsung dua hari , MSD 2015 hanya digelar satu hari. “Sebenarnya tidak satu hari, karena September lalu sudah digelar dua hari bekerjasama dengan Dell User Forum 2015. Baru kali itu Dell menyelenggarakan acaranya bermitra dengan partner. Jadi sebenarnya (MSD 2015) tiga hari tahun ini,” kilah Susanto. Sekadar info, medio September lalu Dell menggelar Dell User Forum untuk pertama kalinya di Indonesia.

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: