Ini Dia Fitur-fitur Andalan iPhone 6s dan iPhone 6S Plus

kredit: www.gmx.at
kredit: www.gmx.at

Apple akhirnya mengumumkan kehadirkan generasi terbaru dari smartphone andalan mereka yaitu iPhone 6S dan iPhone 6S Plus. Meski hadir dengan beberapa keunggulan dibanding pendahulunya, kedua seri iPhone tersebut masih menggunakan desain yang sama dengan sebelumnya, dimana iPhone 6S menggunakan layar berukuran 4,7 inci dan iPhone 6S Plus berukuran 5,5 inci. Selain itu, apa saja hal baru yang dihadirkan kedua smartphone tersebut, berikut diantaranya:

1. 3D Touch

satu
Fitur berbasis sentuhan ini menawarkan cara berbeda dalam berinteraksi dengan konten. Pengguna akan mendapatkan akses cepat pada beberapa menu ataupun fungsi yang pernah dijalankan menggunakan sistem gesture baru. Fitur ini dilengkapi dengan dua gerakan yang disebut Peek untuk menampilkan preview dari aplikasi yang akan digunakan dan Pop untuk memilih menu. Fitur ini sama dengan yang ada pada Apple Watch dalam melihat atau membersihkan notifikasi hanya dengan satu sentuhan.

2. Prosesor A9 Terbaru

dua
Pada iPhone 6s, Apple menyematkan chip prosesor A9 serta M9 Motion co-prosesor yang juga digunakan pada iPad Pro. Prosesor ini diklaim Apple memiliki kinerja lebih cepat sekitar 70% dibanding chip prosesor A8 pada iPhone 6 Plus. Bahkan dari sisi grafis juga diklaim lebih cepat hingga 90%.

3. Kamera 12 MP

tiga
Tidak ingin ketinggalan dengan pesaingnya, akhirnya Apple meningkatkan resolusi kamera utama iSight menjadi 12 MP dan kamera depan sebesar 5 MP. Bagi perangkat pesaing hal ini bukan merupakan hal baru, bahkan Apple bisa dibilang tertinggal jauh dari sisi spesifikasi. Namun bukan Apple namanya jika tidak dilengkapi dengan teknologi canggih. Diantaranya dilengkapi dengan sensor yang lebih besar dan respon cepat untuk auto focus. Bahkan mode Panorama pada kamera utamanya mampu menghasilkan foto hingga berukuran 63 MP. Untuk merekam video, kamera ini mampu merekam hingga resolusi 4K serta telah dilengkapi dengan aplikasi iMovie untuk menyuntingnya.

4. Live Photos

empat
Saat pengguna mengambil foto biasa, secara otomatis juga akan merekam beberapa gambar sekaligus sehingga akan terlihat dalam bentuk animasi singkat yang dilengkapi dengan suara berdurasi beberapa detik.

5. Material lebih kuat

lima
Jika sebelumnya iPhone 6 sempat dihebohkan dengan fisiknya yang melengkung akibat sering diletakkan di saku celana, kini iPhone 6s telah dilengkapi dengan material yang lebih kuat sehingga kemungkinan melengkung akan semakin kecil. iPhone 6s menggunakan aluminium seri 7000 pada cover belakangnya yang lebih kuat hingga dua kali lipat dibanding material aluminium seri 6063 yang sebelumnya digunakan pada iPhone 6.

6. Dukungan jaringan LTE lebih banyak

enam
Kedua seri iPhone tersebut memiliki teknologi WiFi dan LTE Advanced yang lebih cepat serta mendukung jaringan LTE Advanced hingga 23 LTE Band. Ini artinya bisa digunakan pada berbagai jaringan yang ada di seluruh dunia. Hal ini memudahkan mendapatkan layanan 4G dimana saja, terutama bagi pengguna yang sering bepergian ke berbagai negara.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

%d bloggers like this: