Indonesia Ikut Angkat UC Browser ke Posisi No. 2 Dunia

uc browserJAKARTA, PCplus –  Apa browser mobile yang kamu pakai? Chrome? Atau Safari?

Dua mobile browser itu memang menduduki posisi Top 3 di dunia: Chrome di urutan pertama dan Safari di urutan kedua.  Lalu siapa yang duduk di peringkat kedua?

top mobile browserTernyata UC Browser dari Tiongkok. Browser besutan UCWeb yang merupakan perusahaan Alibaba Group, begitu menurut layanan analisis independen trafik web StatCounter kini menjadi browser mobile nomor dua paling populer di dunia, dan pangsa pasar 16,82%.

Indonesia dan India, kata Yu Yongfu (President, Alibaba Mobile Business Goup) secara signifikan menyumbang pencapaian UC Browser sebagai browser mobile nomor dua di dunia.  Kok bisa begitu?

Ini karena, menurut StatCounter, pangsa pasar UC Browser di Indonesia pada bulan September adalah 42,1%. Di India pasarnya lebih tinggi lagi (51,9%). Indonesia, India dan Tiongkok merupakan tiga negara berkembang dengan populasi terbesar di dunia. Jumlah penduduk di tiga negara ini total mecapai 2,8 milyar, atau lebih dari sepertiga penduduk dunia. Tak heran jika jumlah pengguna UC Browser besar bukan?

 

Sebenarnya apa sih daya tarik UC Browser? Tak lain kecepatannya memuat halaman yang berbuntut pada hemat paket data — sesuatu yang disukai di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Ini dicapai berkat teknologi unik browsing yang diperkuat cloud, yang memampatkan data sampai 0%,  juga dengan konten lokal yang disesuaikan dengan masing-masing negara. Lokalisasi yang mendalam dan kemitraan kuat dengan para penyedia konten telah mendorong unduhan dan penggunaan browser ini.

O ya, Desember tahun lalu, UC Browser telah melewati titik 100 juta pengguna aktif harian (DAU – daily active user). Ini menjadikannya sejajar dengan kelompok aplikasi elit seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan lain-lain.

Awal bulan ini, UCWeb telah meluncurkan UC Browser 10.7 untuk Android – memberikan pengguna kebebasan sepenuhnya untuk mengatur cara mereka menemukan dan mengakses konten web.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: