Sebentar Lagi, Lenovo Luncurkan Vibe P1m

lenovo vibe p1m depanJAKARTA, PCplus – Bagi sebagian pengguna smartphone, baterai menjadi kepedulian utama. Sebal kalau harus sehari tiga kali mengisi ulang daya baterai bukan?

Nah kalau baterai yang awet yang kamu cari di sebuah smartphone, silakan lirik Vibe P1m besutan Lenovo. Vibe P1m dengan OS Android 5.1 Lollipop dan Vibe UI ini ditanami  baterai Li-Polymer berkapasitas 4000mAh. Kapasitas yang besar itu disebutkan akan mampu memotori operasional smartphone 4G LTE Cat 4 tersebut sampai seharian.

Dalam spesifikasinya, Lenovo menyebutkan waktu bicara baterai bisa sampai 36,5 jam pada koneksi 2G, atau 16 jam pada koneksi 3G maupun 4G. Sedangkan waktu siaganya mencapai 20,5 hari pada koneksi 4G. Pada koneksi 3G, waktu siaga lebih panjang yakni 23,9 jam. Namun jika dioperasikan pada 2G, waktu siaga baterai turun menjadi 19,2 hari.

Eh kalau perlu, kamu juga bisa menjadikan Vibe P1M sebagai power bank. Maksudnya kamu bisa mengisi baterai smartphone lain dengan Vibe P1m melalui OTG (on-the-go) charging.

Kendati kapasitas baterainya besar, kamu tak perlu berlama-lama menunggu baterai diisi penuh kembali. Sebab Lenovo sudah menyematkan fitur quick charging. “Charging-nya lebih cepat dari smartphone umumnya,” kata Anvid dari Lenovo Indonesia dalam acara sneak preview di kantor Lenovo di Jakarta (21/10/2015).

Tombol Power Saver hadir di sisi kiri. Geser switch-nya untuk mengaktifkan fitur penghemat daya baterai.
Tombol Power Saver hadir di sisi kiri. Geser switch-nya untuk mengaktifkan fitur penghemat daya baterai.

Kalau mau hemat daya baterai, kamu tinggal menggeser tombol Power Saver di sisi kiri unit. Begitu switch tombol digeser, layar Vibe P1m akan memunculkan menu khusus. Di sana akan tersaji perkiraan sisa waktu baterai. Dalam demo tadi siang ditunjukkan bagaimana pada posisi sisa baterai tinggal 17% dan Power Saver diaktifkan akan memunculkan perkiraan usia baterai selama 13 jam 15 menit. O ya, menu khusus ini bisa di-customize ya.

 

Badannya terbuat dari polikarbonat dengan fitur splash proof nano coating sehingga tahan percikan air dan air hujan
Badannya terbuat dari polikarbonat dengan fitur splash proof nano coating sehingga tahan percikan air dan air hujan

Daya tarik lain, Vibe P1m yang merupakan produk ketiga dalam jajaran Big Battery Series Lenovo (sebelumnya ada P70 dan P90, serta A5000), menghadirkan badan dengan splash proof nano-coating. Jadi kamu tak perlu kuatir smartphone rusak gara-gara kecipratan air atau kehujanan.

Kalau kamu membuka casing belakang Vibe P1m, kamu akan melihat dua slot micro SIM dan kemasan baterai (sayangnya kemasan baterai ini tidak bisa dilepas). O ya, di casing belakang terpasang kamera otofokus dengan LED flash dengan resolusi 8 megapiksel. Sedangkan kamera depan yang fixed-focus mengusung resolusi 5 megapiksel.

Apa lagi spesifikasinya? Untuk prosesor digunakan Mediatek MT 6735 1GHz quad-core 64-bit dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB. Slot microSD tersedia dan mampu menampung kartu microSD sampai 32GB. Fitur nirkabelnya adalah Bluetooth 4.1 LE dan Wi-Fi 802.11 b/g/n.

Untuk layar, Vibe P1m yang berbobot 148 gram ini memamerkan layar sentuh IPS berukuran 5″ 5-point dengan resolusi 1280×720 293ppi. O ya, fitur OTG (on-the-go) USB sudah didukung, jadi kamu bisa dengan mudah dan cepat memindahkan file dari/ke memori internal atau SDcard ke/dari flash disk tanpa melepaskan kartu microSD.

Lenovo Vibe P1m tersedia dalam dua warna: hitam dan putih. Harganya? Belum disebutkan. Begitu juga tanggal resmi peluncurannya. Namun kabarnya sih tak lama lagi, jadi kita tunggu saja update dari Lenovo Indonesia.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer