Kaspersky Lab: Perempuan lebih Sering Pakai Sosmed tapi Pria lebih Berani

man vs. womanJAKARTA, PCplus – Bagi sebagian orang tergantung atau kecanduan online messenger. Kalau tak bisa menggunakannya, entah untuk ngobrol, berkirim foto makanan atau pamer foto selfie, mereka resah.

Yang menarik, begitu ungkap survei terbaru Kaspersky Lab dan B2B International, perempuan lebih sering menggunakan jejaring sosial ketimbang lelaki (41% vs. 35%). Sementara kaum pria lebih banyak melakukan panggilan suara melalui Internet (17% vs. 14%).

Para responden survei mengaku, alat komunikasi ini tidak hanya digunakannya di rumah. Akan tetapi juga saat mereka berada di tempat-tempat umum, di kantor dan saat bepergian.

Para responden ini secara teratur memakai komunikasi online, termasuk untuk membahas topik pribadi. Ini kendati sebagan besar mengganggapnya tidak dapat diandalkan.

Uniknya, semakin muda pengguna, semakin sering mereka mengirim file yang bersifat pribadi, termasuk foto atau klip video yang sensitif melalui web. Mereka yang banyak melakukannya (23%) berada di usia 24 tahun atau lebih muda. Namun dibandingkan perempuan, kaum pria lebih sering mengirimkan foto atau klip video sensitif via web (21% vs. 13%).

Hasil kuis cyber savvy juga menunjukkan 35% peserta bertukar informasi pribadi melalui aplikasi apa pun yang tersedia bagi mereka. Sedangkan 13% bahkan mau pakai perangkat apa pun yang ada untuk dapat melakukannya (11% wanita vs. 15% pria dan hampir 18% dari anak muda). Hanya 28% mengatakan mereka tidak mendiskusikan masalah pribadi secara online (31% wanita vs. 26% laki-laki).

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer