Ultah ke-16, Kaskus Bikin Aksi MAR16ERAK

kaskusJAKARTA, PCplus – Komunitas online pertama dan terbesar di Indonesia, Kaskus, baru saja merayakan 16 tahun keberadaannya. Pada hari perayaan ulang tahunnya itu, Kaskus mengumumkan aksi yang bernama MAR16ERAK.

“Kami merayakan 16 tahun Kaskus dengan meluncurkan #MAR16ERAK. Sebenarnya sudah diluncurkan Oktober lalu,” kata Ronny W. Sugiadha (Chief Marketing Officer, Kaskus) pada jumpa pers di Jakarta (6/11/2015).

Apa sih MAR16ERAK? Ini adalah aksi kepedulian Kaskus terhadap korban bencana asap kebakaran hutan di tanah air. Melalui gerakan sosial ini, para Kaskuser diajak untuk berdonasi bagi korban bencana asap kebakaran hutan di 7 kota di Indonesia, yakni Palembang, Riau, Jambi, Bengkulu, Padang, Palangka Raya, dan Pontianak.

Kaskuser yang ingin berdonasi diajak untuk beberapa kegiatan. Yang pertama adalah Kaskus Online Bazaar edisi Spesial Ulang Tahun dan memberikan tips di BranKas. Atau mengikuti kompetisi poster “Tunjukkan Kepedulian dengan Kreativitas” di forum. “Semua subscriber fee di Kaskus Plus Special Anniversary akan didonasikan,” kata Ronny.

Donasi juga bisa diberikan Kaskuser dengan membeli barang-barang di lapak khusus artis yang menjual barang layak pakai. Khusus di lapak artis ini, semua hasil penjualan akan didonasikan untuk membeli masker N95. Hmm, siapa saja ya artis yang jualan di sini? Ada lebih dari 25 artis, antara lain Rio Dewanto, Rayi RAN, Daniel Mananta, Ronal Surapraja, Tieke Priyatna Kusuma, Danang & Darto, Duo Serigala, Sogi (Extravaganza), Ricky Harun, Intan Ayu, Cakra Khan dan Ade Govinda. Tieke misalnya, menawarkan poster Super Junior, sedangkan Ronald menjual piringan hitam Spandau Ballet.

Ronny menjelaskan dari hasil donasi, sejak bulan ini Kaskus sudah mengirimkan 6 ribu masker, dan akan masih melanjutkannya. “Tapi mungkin nanti kirim yang lain, seperti oksigen dan lain-lain,” jelasnya.

Donasi dari gerakan sosial ini, kata Ronny, akan dibelikan masker N95, oksigen, atau obat-obatan yang berkaitan dengan ISPA (infeksi saluran pernafasan atas). Kamu mau ikutan? Silakan! Aksi ini terbuka sampai akhir November.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer